BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan
kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia indonesia seutuhnya yaitu manusia
beriman dan bertaqwa terhadap tuhan yang maha esa dan berbudi luhur,memiliki
pengetahuan dan keterampilan,kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang
mantap dan serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.dalam rangka
meningkatkan mutu pendidikan, salah satu perbaikan proses pembelajaran di
sekolah yang dapat dilakukan dengan memahami perilaku
siswa dalam belajar.
Usaha untuk meningkatkan kualitas
penyelenggaran proses belajar mengajar dan pembelajaran di sekolah terus
menerus dilaksanakan,salah satu nya dengan adanya mata kuliah intership 1 ini.
Mata kuliah intership 1 pada dasarnya
memberikan “life skill” bagi mahasiswa, yaitu pengalaman belajar mengajar yang
kaya, dapat memperluasa wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang
diperlukan dalam bidangnya,
meningkatkan keterampilan,kemandirian,tanggung jawab, dan kemampuan dalam
memecahkan masalah.
Program Magang 1 intership di sekolah
merupakan suatu program dalam pendidikan prajabatan guru yang dirancang untuk
melatih para calon guru agar menguasai
kemampuan keguruan yang utuh dan terpadu sehingga setelah pendidikan mereka
siap mandiri mengemban tugas sebagai guru/pendidik. Program ini merupakan salah
satu program akademis yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
1.2 Tujuan
Adapun tujuan program magang 1 dapat
dikategorikan sebagai berikut :
1. Mengimplementasikan kompetensi dasar pedagogik, kepribadian dan sosial
2. Memperkuat pemahaman peserta didik melalui observasi
proses belajar mengajar dan aktivitas siswa di sekolah.
3. Membangun landasan jati diri pendidik dengan langsung
merasakan kultur pendidikan di lapangan dengan mengamati interaksi guru murid.
4. Memantapkan kompetensi pedagogik melalui observasi dan
refleksi langsung di lapangan.
5. Implementasi kompetensi akademik kependidikan seperti pemahaman
peserta didik, pengelolaan kelas, kemampuan komunikasi pembelajaran yang
mendidik.
1.3 Manfaat
a. Bagi Mahasiswa
1. Mendapatkan pemahaman, penghayatan dan pengalaman
dibidang manajemen dan kultur sekolah.
2. Mendapatkan pengalaman melalui pengamatan terhadap proses
membangun kompetensi pedagogik, kepribadian dan sosial di sekolah.
3. Mendapatkan pengalaman dan penghayatan melalui pengamatan
terhadap proses pembelajaran di kelas.
4. Memperoleh pengalaman tentang cara berpikir dan bekerja
secara interdisipliner , sehingga
dapat memahami adanya keterkaitan ilmu dalam mengatasi permasalahan pendidikan yang ada disekolah.
5. Memperoleh daya
penalaran dalam melakukan penelaahan, perumusan dan pemecahan masalah
pendidikan yang ada disekolah.
6. Memperoleh pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan
pembelajaran dan kegiatan manajerial
di sekolah.
7. Memberikan kesempatan untuk dapat berperan sebagai
motivator, fasilitator, dinamisator, dan membantu pemikiran sebagai problem solver.
b.
Bagi Sekolah
1. Memperoleh kesempatan untuk ikut dalam menyiapkan calon
guru yang berdedikasi dan profesional.
2. Mendapatkan bantuan pemikiran, tenaga, ilmu dan teknologi
dalam merencanakan serta melaksanankan pengembangan sekolah.
c.
Bagi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
1. Memperoleh umpan balik dari pelaksanaan Program Magang di
sekolah, guna mengembangkan kurikulum perguruan tinggi yang disesuaikan dengan
kebutuhan masyarakat.
2. Memperoleh berbagai sumber belajar dan menemukan berbagai
permasalahan untuk mengembangkan penelitian dan pendidikan.
3. Terjalin kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah,
intansi daerah , intansi terkait dan sekolah untuk pengembangan Tri Dharma
Perguruan Tinggi.
BAB II
HASIL
A. Hasil Pengamatan Langsung Kultur
Sekolah
I.
Visi Sekolah
Berkompetif dalam prestasi akademik dan non akademik berdasarkan Imtaq, Iptek, dan berakhlak mulia serta berkebudayaan lingkungan.
Misi Sekolah
·
Mewujudkan pendidikan
yang berkarakter bangsa berbudaya, berbudi luhur, dan berakhlak mulia.
·
Mewujudkan pendidikan
yang bermutu menghasilkan prestasi akademik dan non akademik
·
Mewujudkan profesionalisme pendidik dan
tenaga kependidikan
·
Mewujudkan sistem
manajemen partisipatif, transparan, dan akuntabel yang melibatkan seluruh warga
sekolah dan masyarakat.
·
Mewujudkan sarana
prasarana belajar yang memadai.
·
Mewujudkan lingkungan
belajar yang kondisif.
II.
Kelengkapan data tentang
program/renstra sekolah
Program kerja sekolah
1. Umum
Kegiatan umum adalah
kegiatan yang bersifat umum meliputi penyusunan program Kepala Sekolah,
Pembentukan Struktur Organisasi, Rehab Gedung dan Pagar Sekolah serta perbaikan
taman, penambahan, penggunaan dan pemeliharaan dan pengamanan seluruh sarana
dan prasarana sekolah, penyelesaian laporan-laporan, pelaksanaan Upacara
Bendera dan Senam Pagi, Pertemuan Pembinaan Guru dan Pegawai setiap bulan,
Pemantapan Wiyata Mandala dan 7 K.
1.1 Sasaram dan Pendanaan
·
Sasaran pada kegiatan umum adalah seluruh personil
sekolah di bawah koordinasi Kepala Sekolah;
·
Pendanaan diperoleh dari dana rutin sekolah dan dana
BOS.
1.2 Penyusunan Program
Sekolah
·
Penerimaan Siswa baru tanggal 11 Juli s.d 11 Juli 2016.
·
Oritentasi siswa baru
tanggal 19 s.d 21 juli 2016.
·
Pelaksanaan KBM tanggal 18 Juli 2016.
·
Kegiatan Libur Puasa tanggal 13 s.d 16 Juli 2016.
·
Pemebentukan Struktur
Organisasi sekolah dan pembagian tugas dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2016.
·
Pengaturan ruang kelas maupun ruang pendukung
dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2016.
·
Rapat Dinas dilaksanakan setiap bulan.
·
Rapat Komite sekolah dilaksanakan pada bulan Juli 2016.
·
Program UKS dilaksanakan setiap hari
·
Program 7 K dilaksanakan setiap hari
·
Pemantapan wawasan Wiyata Mandala dilaksanakan setiap
hari secara terus menerus;
·
SKJ dilaksanakan setiap hari Sabtu.
·
Upacara bendera dilaksanakan setiap hari Senin.
·
Upacara hari besar Nasional/Agama/Daerah dilaksanakan
menurut ketentuan kalender Nasional atau ketentuan yang diatur oleh Dinas
Diknas Kota Bengkulu.
1.3 Pelaksanaan Pelaporan
·
Laporan bulanan awal bulan berikutnya
·
Laporan semester tanggal 18 Juli s.d 31 Desember 2016.
·
Laporan awal tahun pelajaran bulan Juli 2016.
·
Laporan tengah tahun
bulan Desember 2016.
·
Laporan akhir Tahun bulan
Maret 2016.
·
Laporan akhir Tahun Pelajaran
Juni 2016.
·
Laporan semester ganjil bulan Desember 2016.
·
Laporan semester genap bulan Juli 2016.
2. Kurikulum
·
Kegiatan kurikulum untuk kelas VII, VIII dan IX
menggunakan kurikulum KTSP
·
Kegiatan kurikulum meliputi kurikuler dan ekstra
kurikuler serta kemungkinan pengembangannya.
·
Kegiatan kurikuler adalah kegiatan yang dilakukan
melalui tatap muka yang alokasi waktunya telah ditentukan dalam susunan program
dan diperdalamkan melalui tugas-tugas.
·
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan belajar
yang dilakukan di luar jam pelajaran tatap muka, dilakukan di sekolah atau di
luar sekolah untuk memperluas wawasan atau kemampuan yang telah dipelajari dari
berbagai mata pelajaran, menyalurkan bakat dan kemampuan yang dimiliki siswa.
2.1 Sasaran Kegiatan
·
Sasaran kegiatan kurikuler adalah kegiatan belajar
mengajar setiap mata pelajaran untuk mencapai kemampuan minimal setiap mata
pelajaran dengan fokus peningkatan kemampuan siswa dan profesionalisme
guru yang dikoordinir melalui urusan kurikulum/kepala sekolah.
·
Sasaran kegiatan ekstrakurikuler dan pengembangan diri
adalah pengembangan pengetahuan, bakat, minat dan kemampuan dan keterampilan
dalam upaya pembinaan pribadi siswa.
·
Sasaran kemungkinan pengembangan kurikulum adalah
peningkatan kualitas professionalisme guru melalui workshop dan pelatihan.
2.2 Pendanaan
-
Dana kegiatan kurikulum ini diperoleh dari dana rutin
dan dari dana BOS serta bantuan pemerintah DAK/DAU
2.3 Pelaksanaan Kegiatan
Kurikulum
2.3.1 Untuk Intrakurikuler
a. Penyusunan jadwal
pelajaran semester ganjil dan semester genap 18 Juli 2015 dan 01 Januari 2016.
b. Penyusunan perangkat
mengajar seminggu sebelum tatap muka dan disahkan oleh kepala sekolah.
c. Kegiatan belajar
mengajar semester ganjil 18 Juli 2016 dan semester genap
12 Januari 2016.
d. Evaluasi test formatif
setiap akhir satuan pelajaran untuk masing-masing mata pelajaran.
e. Portofolio.
f. TSS dan ulangan
harian minimal setiap bulan.
g. Ulangan umum/tes
sumatif, untuk :
·
Pembuatan kisi-kisi dan naskah soal semester ganji
pada 7 s.d 8 Desember 2016.
·
Pengadaan atau penggandaan soal semester ganjil 10 s.d
15 Desember 2016.
·
Pelaksanaan test semester ganjil 10 s.d 15 Desember 2016.
·
Koreksi hasil test, pengolahan nilai, pembuatan
kisi-kisi, pembuatan Naskah soal dan penggandaan 03 s.d 07 Desember 2013;
·
Perbaikan dan pengayaan dilaksanakan setiap selesai
mengadakan evaluasi/test;
·
Pengumpulan nilai dilaksanakan setelah mengadakan TSS
dan TS untuk nilai rapor 17 s/d 19 Desember 2016.
·
Pembagian rapor semester ganjil dan genap 22 Desember
2013 s.d 22 Juni 2016.
·
Laporan target pencapaian kurikulum dan daya serap 27
Desember 2016.
h. UAN/UAN Sekolah
1. Persiapan
·
Pengisian dan pengusulan calon peserta UN (8355) ke Subdin Dinas bulan Januari 2016.
·
Pendalaman materi calon peserta bulan September 2016.
·
Pembentukan panitia tahun 2016.
·
Persiapan naskah awal bulan Mei 2016.
2. Pelaksanaan UAN
tanggal 09 s.d 12Mei 2016
·
Koreksi hasil UAN 12Mei s.d 19 Mei 2016
·
Rapat penentuan kelulusan 11 Juni 2016
·
Pengumuman kelulusan 11 Juni 2016
·
Pengisian ijazah 28 s.d 31 Juni 2016
·
Pembagian ijazah 02 Juli 2016
·
Penyusunan/penyampaian laporan 07 Juli 2016
2.4 Kegiatan Ekstrakurikuler / pengembangan diri
·
Pembinaan olahraga prestasi diadakan semingu sekali
setiap cabang secara kontinu pada sore hari.
·
Pembinaan kepramukaan diadakan semingu sekali kecuali ada
perlombaan.
·
Pembinaan kesenian seminggu sekali kecuali sedang
mengikuti perlombaan.
·
Pembinaan UKS/PMR latihan seminggu sekali.
·
Pembinaan PKS/Paskibra seminggu sekali.
3. Kesiswaan
Kegiatan kesiswaan
meliputi seluruh kegiatan yang berkaitan dengan siswa di luar kegiatan
kurikuler atau ekstrakurikuler yang meliputi KBM, MOS, Pembagian kelompok
kelas, pembentukan pengurus kelas, OSIS, koperasi, BK, Identifikasi kerawanan
siswa, lomba-lomba antar kelas, pemilihan pelajar teladan, kegiatan pembinaan
siswa melalui ekstra kurikuler dan kegiatan tutup tahun beserta pelaporannya.
3.1 Sasaran
Seluruh siswa di bawah pembinaan guru atau pembinaan kesiswaan.
3.2 Pendanaan
Pendanaan diperoleh
dari dana BOS dan bantuan orang tua murid (Komite sekolah) dan bantuan pemerintah DAK/DAU
3.3 Pelaksanaan
·
Pembagian distribusi kelas VII = 10 kelas
·
Pembagian distribusi kelas VIII = 10 kelas
·
Pembagian distribusi kelas IX = 10 kelas
·
Jumlah kelas (rombongan kelompok belajar) = 30 rombel
·
Pembentukan pengurus OSIS atau penyusunan program
kerja Agustus 2016
·
Pengisian buku induk siswa tanggal 22 Juli s.d 31 September 2016
·
Mutasi siswa tergantung keperluan dan insidentil.
·
Kegiatan koperasi siswa setiap hari dibuka.
·
Kegiatan BK dilkasanakan sesuai dengan keperluan di
bawah pembinaan Wali Kelas dan Koordinator BK.
·
Peta kerawanan siswa dimonitor setiap hari dan disusun
pada awal tahun, tanggal 18 Juli 2016
·
Perlombaan kebersihan kelas yang terbersih dan
terindah dilakukan setiap bulan dan diumumkan setiap 6 bulansekali .
·
Pemilihan pelajar terladan dan pengumuman siswa yang
berprestasi di akhir semester.
·
Perpisahan dengan siswa kelas IX tanggal 24 Juni 2016
4. Kepegawaian /ketenagaan
Kepegawaian meliputi
kegiatan pengadaan Administrasi dan pembinaan seluruh personil, yakni penyiapan
pengadaan personil, pembagian tugas, penyusunan DUK, supervise kelas,
perhitungan angka kredit, penetapan komite sekolah, pelayanan gaji dan
kesejahteraan, kenaikan pangkat, rapat pembinaan, mengikuti diklat bila
memungkinkan.
4.1 Sasaran
Seluruh personil
sekolah dalam menciptakan personil yang disiplin, dedikasi, efektivitas, dan
efisiensi sehingga tercapai personil yang professional terhadap tugasnya
masing-masing.
4.2 Pendanaan
Kegiatan personalia
dari dana BOS dan DAU/DAK.
4.3 Pelaksanaan
Kegiatan
·
Inventaris personil (Guru dan pegawai) berdasarkan
latar belakang pendidikan, pengalaman dan kemampuan masing-masing tanggal Juni
2016.
·
Mengadakan penerimaan dan seleksi tenaga honorer dalam
rangka memenuhi kekurangan tenaga pengajar sekaligus penyusunan SK GTT dan PTT
akhir Juli 2016.
·
Pembagian tugas guru dan TU tanggal 18 mei 2016.
·
Penyusunan daftar urut kepangkatan bulan Desember 2016.
·
Supervise kunjungan kelas dilaksanakan setiap bulan.
·
Peritungan angka kredit bagi guru bulan Nopember,
Februari atau bulan Juni.
·
Penilaian DP3 setiap hari dilakukan dan pengisiannya
pada akhir Desember 2016.
·
Pengusulan gaji berkala sesuai dengan waktu yang
ditentukan.
·
Pengusulan kenaikan pangkat bulan Agustus dan
Februari.
·
Pengaturan cuti pegawai sesuai dengan keadaan.
·
Pembinaan pribadi masing-masing personil bila
dipandang perlu.
·
MGMP sesuai dengan jadwal pertemuan.
·
Mengikuti penataran/pelatihan bila diperlukan.
5. Perlengkapan
Kegiatan perlengkapan
meliputi kegiatan inventaris, pengusulan penambahan pengadaan, pengelolaan,
pemanfaatan, pengamanan, pemeliharaan dan penghapusan sarana dan prasarana dan
administrasinya.
5.1 Sasaran
Sasaran kegiatan
perlengkapan adalah pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana secara
efektif dan efisien menuju terwujudnya efektivitas dan efisiensi oleh urusan
sarana dan prasarana Tata Usaha.
5.2 Pendanaan
Pendanaan kegiatan
perlengkapan diperoleh dari dana BOS, dan
bantuan dari orang tua murid.
5.3 Pelaksanaan
Kegiatan
Pengurusan
penambahan/pengadaan sarana dan prasarana pada awal tahun Anggaran 2015-1016 melalui Rakerda Kota
Bengkulu.
A. Bangunan
-
Ruang laboratorium 1 buah
-
Ruang BK 1 buah
-
Ruang UKS 1 buah
-
Ruang Koperasi 1 buah
-
Ruang belajar/ruang perpustakaan 1 buah
-
Ruang kepala sekolah dan TU 1 Buah
B. Sarana
-
Alat tulis kantor, mesin tik stensil, peralatan UKS,
kursi tamu, buku-buku perpustakaan, alat-alat peraga bidang studi, TV, computer
dan Jetpam.
-
Inventarisasi sarana prasarana dilaksanakan secara
continue dan pada akhir bulan Maret 2016.
-
Pengusulan penambahan/pengadaan sarana prasarana.
-
Mutasi sarana prasarana dan pelaporannya 5 Juli dan 5
Oktober 2016, Januari dan 5 April 2016.
-
Penyediaan perlengkapan sarana perkantoran setiap tri
wulan.
-
Penyediaan perlengkapan sarana kegiatan belajar
mengajar setiap triwulan dan insidentil.
-
Penyediaan sarana olahraga/prasarana setiap triwulan
dan insidentil.
-
Penyediaan sarana keterampilan setiap triwulan.
-
Penyediaan sarana UKS dan 7K, setiap bulan dan setiap
saat bila diperlukan.
-
Penyediaan buku pegangan guru dan siswa setiap triwulan
dan akhir tahun.
-
Pemeliharaan sarana prasarana
secara terus menerus.
-
Program pembangunan sekolah diharapkan pada penambahan
WC kantin sekolah.
6. Keuangan
Pengertian keuangan
meliputi pengelolaan pendayagunaan dana rutin sekolah dana penunjang pendidikan,
dana proyek dan perawatan fasilitas bagian perencanaan, untuk kepentingan
sekolah berikut administrasi pembukuan dan pelaporan;
6.1 Sasaran
Sasaran kegiatan
keuangan adalah terwujudnya pengelolaan pendayagunaan berikut administrasi
pembukuan dan pelaporannya dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku
oleh bendahara yang ditunjuk;
6.2 Pendanaan
Pendanaan keuangan
ini diperoleh dari dana rutin, dana penunjang pendidikan, dana proyek, dana
bantuan dari orang tua murid/wali murid.
6.3 Pelaksanaan
-
penyusunan RAPBS Rutin tiap bulan Juli 2015 dan Januari 2016.
-
pengusulan honorarium GTT dan PTT setiap dua bulan.
-
Pertanggung jawaban Rutin.
1. Pengisian SPMU rutin
setiap triwulan ;
2. LPJ rutin setiap
triwulan;
3. Laporan keadaan Kas
Rutin setiap bulan;
4. Penerimaan SPAW gaji
setiap bulan;
5. Pengurusan dan LPJ
gaji setiap bulan;
-
Pemeriksaan kas rutin dan gaji serta kumpulan SPMU
setiap akhir bulan minimal 3 bulan sekali;
-
Pembinaan bendaharawan setiap saat dan insidentil.
7. Humas
Kegiatan Humas
meliputi kegiatan hubungan sekolah dengan orang tua murid/wali murid, komite
sekolah, dunia usaha, lembaga pemerintahan dan dengan lembaga-lembaga social
lainnya.
7.1 Sasaran
Sasaran kegiatan
humas terciptanya keterkaitan dan keterpaduan serta suasana yang harmonis antara
sekolah dengan masyarakat di lingkungan sekolah.
7.2 Pendanaan
Pendanaan kegiatan
Humas diperoleh dari dana BOS, dana bantuan orang tua murid/wali murid dan dana
sosial insidental sukarela
warga sekolah.
7.3 Pelaksanaan
-
Bakti social dlaksanakan 2 kali setahun.
-
Partisipasi dalam kegiatan olahraga, kesenian dan
lingkungan hidup setiap saat diperlukan diluar jam pelajaran.
-
Penyuluhan kesehatan dan penyuluhan bukum 2 kali
setahun bekerjsama dengan Dinas Kesehatan dan Kejaksanaan Negeri.
-
Ceramah kenakalan remaja dua kali setahun bekerjsama dengan tokoh agama dan
kepolisian.
-
Kunjungan rumah ke anggota komite/wali siswa setiap
saat diperlukan.
-
Kunjungan ke industry/home industry terkait dua kali
setahun.
8. Lain-lain
Kegiatan lain-lain
tidak termasuk pada kegiatan-kegiatan lainnya
8.1 Sasaran
Sasaran kegiatan
lain-lain adalah kegiatan yang baik langsung mapun tidak langsung yang dapat
menunjang kemajuan sekolah.
8.2 Pendanaan
-
Pendanaan kegiatan ini berasal dari iuran yang tidak
mengikat.
-
Kegiatan koperasi guru/pegawai peningkatan tahun
sebelumnya.
-
Arisan keluarga SMP Negeri 8 Kota Bengkulu.
-
Ikut serta dalam kegiatan PGRI.
III.
Kelengkapan data tata tertib dan
peraturan sekolah
1. Tiba disekolah sekurang-kurangnya 15 menit sebelum masuk
kelas
2. Berada di ruangan saat belajar atau tugas belajar yang di
tentukan saat ada pengarahan
3. Menyelesaikan semua pekerjaan atau belajar yang diberikan
sekolah tepat waktu
4. Memelihara, merapikan, merawat milik sekolah dan membuang
sampah pada tempatnya
5. Menasehati atau melerai siswa yang berselisih paham dan
melaporkan setiap pelanggaran kepada pihak sekolah
6. Tidak menyinggung / mengganggu perasaan atau merugikan
sesama teman sekelas
7. Menyampaikan setiap undangan pihak sekolah kepada orang
tua
8. Boleh pulang sekolah bila sudah waktunya atau izin
sekolah
Apabila melanggar aturan diatas maka pihak
sekolah akan memberi sanksi sesuai dengan aturan SMP Negeri 8 Kota Bengkulu.
IV. Kelengkapan data prestasi sekolah
Tidak di Dokumentasikan
V. Kelengkapan data jam belajar sekolah
Adapun data jam belajar di SMP
Negeri 8 Kota Bengkulu sebagai berikut:
No
|
Mata Pelajaran
|
Jumlah Jam Mengajar
|
1
|
Bahasa Inggris
|
132
|
2
|
Bahasa Indonesia
|
120
|
3
|
Mulok Pertanian
|
68
|
4
|
Teknologi Informasi
|
60
|
5
|
Matematika
|
124
|
6
|
Penjaskes
|
48
|
7
|
IPS
|
96
|
8
|
IPA
|
120
|
9
|
Pendidikan
Kewarganegaraan
|
38
|
10
|
Pendidikan Agama
Islam
|
60
|
11
|
Seni Budaya
|
48
|
Jumlah
|
922
|
VI. Kelengkapan data networking sekolah
Hubungan Kepala
Sekolah dengan Guru-guru sangat baik, seperti yang kami amati ketika Guru-guru
bertemu dengan Kepala Sekolah. Dan pulang juga Guru-guru ke Kantor berpamitan
dengan Kepala Sekolah. Karyawan selalu membantu Kepala Sekolah ketika ada hal
yang harus dikerjakan.
·
Guru dengan Karyawan
dan Siswa
Karyawan selalu
membantu Guru-guru, misalnya Tata Usaha, membantu mengetik soal-soal ujian.
Ketika ada siswa yang bertengkar guru menasehati dan membimbing mereka serta
memberikan pengarahan.
·
Guru dengan Guru
Hubungan Guru dengan
guru sangat baik, tidak ada perselisihan, mereka saling memberikan masukan,
saling mengisi kekurangan. pada pagi hari Guru-guru saling bersalaman. Jika
istirahat Guru-guru berkumpul di Ruang Guru, mereka saling berinteraksi.
·
Siswa dengan Siswa
Hubungan Siswa dengan siswa
sangat baik, meskipun mereka bertengkar tetapi setelah itu mereka bermain bersama
lagi. Meskipun ada juga siswa yang suka mengganggu teman-temannya.
VII. Kelengkapan
data Hubungan Antara Warga Sekolah Dengan Masyarakat
Sekitar dan Orang tua Siswa
Ketika ada siswa yang
mengikuti perlombaan orang tuanya mendukung serta bersedia mendampingi anaknya.
Siswa yang tinggalnya jauh dari sekolah orang tuanya mengantar dan menjemput
anaknya ke sekelah dan apabila ada siswa yang sakit orang tuanya langsung
memberitahukan kepada guru wali kelasnya di sekolah.
B.
Mengamati Pembangun Kompetensi Dasar
Profesional, Pedagogik, Kepribadian dan sosial
Guru adalah salah satu unsur penting yang
harus ada sesudah siswa. Apabila seorang guru tidak punya sikap profesional
maka murid yang di didik akan sulit untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.
Hal ini karena guru adalah salah satu tumpuan bagi negara dalam hal pendidikan.
Dengan adanya guru yang profesional dan berkualitas maka akan mampu mencetak
anak bangsa yang berkualitas pula. Kunci yang harus dimiliki oleh setiap
pengajar adalah kompetensi. Kompetensi adalah seperangkat ilmu serta
ketrampilan mengajar guru di dalam menjalankan tugas profesionalnya sebagai
seorang guru sehingga tujuan dari pendidikan bisa dicapai dengan baik.
a) Kompetensi Pedagogik
Kompetensi ini menyangkut kemampuan seorang
guru dalam memahami karakteristik atau kemampuan yang dimiliki oleh murid
melalui berbagai cara. Cara yang utama yaitu dengan memahami murid melalui
perkembangan kognitif murid, merancang pembelajaran dan pelaksanaan
pembelajaran serta evaluasi hasil belajar sekaligus pengembangan murid.
b) Kompetensi Kepribadian
Kompetensi kepribadian ini adalah salah satu
kemampuan personal yang harus dimiliki oleh guru profesional dengan cara
mencerminkan kepribadian yang baik pada diri sendiri, bersikap bijaksana serta
arif, bersikap dewasa dan berwibawa serta mempunyai akhlak mulia untuk menjadi
sauri teladan yang baik.
c) Kompetensi Profesional
Kompetensi profesional adalah salah satu
unsur yang harus dimiliki oleh guru yaitu dengan cara menguasai materi
pembelajaran secara luas dan mendalam.
d) Kompetensi Sosial
Kompetensi sosial adalah salah satu
kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik melalui cara yang baik
dalam berkomunikasi dengan murid dan seluruh tenaga kependidikan atau juga
dengan orang tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar.
I.
Kelengkapan data jumlah guru sesuai bidang studi, jumlah
jam mengajar guru, dan jumlah guru tersertifikasi
NO
|
NAMA
|
|
|
|
SERTIFIKASI
|
MENGAJAR
|
JAM
|
|
1
|
Amti
|
L
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
24 jam
|
|
2
|
Beta Ariyati
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi, Matematika
(Umum)
|
26 jam
|
||
3
|
Dedi Anugrah
|
L
|
Tenaga Honor Sekolah
|
Guru Mapel
|
Muatan Lokal
|
6 jam
|
||
4
|
Dessy Evaliani
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Bahasa Inggris
|
Bahasa Inggris
|
24 jam
|
|
5
|
Dian Andriyanto
|
L
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Bahasa Inggris
|
Bahasa Inggris
|
24 jam
|
|
6
|
Dian Aprinita
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Bahasa Inggris
|
Bahasa Inggris
|
24 jam
|
|
7
|
Dismi Susita
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Bahasa Indonesia
|
24 jam
|
||
8
|
Eka Hasnaini
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
|
24 jam
|
||
9
|
Eka Mayasari
|
P
|
Honor Daerah TK.II Kab/Kota
|
Tenaga Administrasi Sekolah
|
0 jam
|
|||
10
|
Eka Susanah
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
|
26 jam
|
|
11
|
Emalany Fadlilah
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Teknologi Informasi dan
Komunikasi
|
24 jam
|
||
12
|
Endang Supriani
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
0 jam
|
|||
13
|
Endang Widianti
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi, Ilmu Pengetahuan
Sosial (IPS)
|
26 jam
|
||
14
|
Eti Isniarti
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
|
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
|
24 jam
|
|
15
|
Fitria Anggraini
|
P
|
Tenaga Honor Sekolah
|
Tenaga Administrasi Sekolah
|
0 jam
|
|||
16
|
Hahnani
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
26 jam
|
||
17
|
Harmen Syuhri
|
L
|
PNS
|
Tenaga Administrasi Sekolah
|
0 jam
|
|||
18
|
Hartati Istiwa
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Bahasa Indonesia
|
24 jam
|
||
19
|
Heriyanto
|
L
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
|
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
|
24 jam
|
|
20
|
Herlin Kusrini
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
|
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
24 jam
|
|
21
|
Herwan
|
L
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Muatan Lokal, Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
|
24 jam
|
||
22
|
Ifirani
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Pendidikan Agama Islam
|
24 jam
|
||
23
|
Imra Etty
|
P
|
PNS
|
Tenaga Administrasi Sekolah
|
0 jam
|
|||
24
|
Ismawati
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
|
24 jam
|
||
25
|
Jamhurizal
|
L
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Bahasa Indonesia
|
24 jam
|
||
26
|
Julita
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Matematika (Umum), Bahasa Indonesia
|
24 jam
|
||
27
|
Kartini
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
24 jam
|
|
28
|
Laila Fajmiati
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Matematika
|
Matematika, Matematika (Umum)
|
24 jam
|
|
29
|
Lenny Evalina
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Matematika (Umum)
|
24 jam
|
||
30
|
Marda Yuzal
|
L
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Pendidikan Agama Islam
|
24 jam
|
||
31
|
Mimi Suryetmi
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Seni dan Budaya
|
24 jam
|
||
32
|
Muhammad Mudrik
|
L
|
Honor Daerah TK.II Kab/Kota
|
Tenaga Administrasi Sekolah
|
0 jam
|
|||
33
|
Muhammad Prihadi
|
L
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Muatan Lokal, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
|
36 jam
|
||
34
|
Musin
|
L
|
PNS
|
Tenaga Administrasi Sekolah
|
0 jam
|
|||
35
|
Nani Yurian
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Bahasa Indonesia, Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
24 jam
|
||
36
|
Novita Herni
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Bahasa Inggris
|
Bahasa Inggris
|
24 jam
|
|
37
|
Nurlimah
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Sejarah
|
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
24 jam
|
|
38
|
Ridwan Parhusip
|
L
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Matematika (Umum)
|
28 jam
|
||
39
|
Rini Wiryani
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Bahasa Indonesia
|
Bahasa Indonesia
|
24 jam
|
|
40
|
Rita Umaria
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Bahasa Indonesia
|
24 jam
|
||
41
|
Rosita Asnah
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Matematika (Umum), Matematika
|
24 jam
|
||
42
|
Salmi
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Bahasa Inggris
|
Bahasa Inggris
|
26 jam
|
|
43
|
Samudra
|
L
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Muatan Lokal, Pendidikan Agama Islam
|
24 jam
|
||
44
|
Sri Daryanti
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Bahasa Indonesia, Matematika
|
24 jam
|
||
45
|
Sri Wulan Siti Fatimah
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
|
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
|
24 jam
|
|
46
|
Suaina Hayati
|
P
|
PNS
|
Tenaga Administrasi Sekolah
|
0 jam
|
|||
47
|
Suherman
|
L
|
PNS
|
Guru BK
|
Bimbingan dan Konseling/Konselor (BP/BK)
|
166 siswa
|
||
48
|
Suherni Eka Putri
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
|
26 jam
|
||
49
|
Sumiarti
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Seni dan Budaya
|
24 jam
|
||
50
|
Sustiana Rachmawati
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Bahasa Indonesia
|
24 jam
|
||
51
|
Tuti Yuliani
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Matematika (Umum)
|
24 jam
|
||
52
|
Wijorini
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Bahasa Inggris
|
28 jam
|
||
53
|
Yuniarti
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Seni Budaya
|
Seni dan Budaya
|
24 jam
|
|
54
|
Yunidar
|
P
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
18 jam
|
||
55
|
Yustini
|
P
|
PNS
|
Guru Kelas
|
Muatan Lokal
|
10 jam
|
||
56
|
Zamzaimi
|
L
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
30 jam
|
||
57
|
Zulkarnain
|
L
|
PNS
|
Guru Mapel
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
30 jam
|
||
II.
Kelengkapan data
keterlibatan guru dalam organisasi profesi
Adapun tabel kelengkapan data
keterlibatan guru dalam organisasi profesi sebagai berikut:
|
PEMERINTAH KOTA BENGKULU
DINAS PENDIDIKAN NASIONAL
SMP NEGERI 8
Jalan Lingkar Barat Kota Bengkulu ((0736) 21041
|
Lampiran-3 : SK Kep.Sek SMP N 8 Bkl (Revisi-1)
No : 800/ 181 /Kep/SMP N 8 /
2013
Tanggal :
16 Juli 2013
PEMBAGIAN TUGAS GURU YANG MENDAPAT TUGAS TAMBAHAN /
EXTRAKURIKULER
DI SMP N 8 KOTA BENGKULU
SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2015/2016
NO
|
NAMA
|
NIP
|
GOL
|
TUGAS
|
KET
|
1
|
Dra. Kepti Hariani, M.Pd
|
19620202 198403 2
008
|
IV.a
|
Kepala Sekolah
|
|
2
|
Drs.
Suherman
|
19590517 198111 1
002
|
IV.a
|
Koordinator
BP &
Tim
Pendisplinan Siswa
|
|
3
|
Sumiarti,
S.Pd
|
19670808 199303 2
004
|
IV.a
|
Pembina
Ektra Ensanbel Musik
|
|
4
|
Mimi
Suryetmi, S.Pd
|
19650113 198903 2
003
|
IV.a
|
Pembina
Extra Kurikuler Tari
|
|
5
|
Ernamawati,A.Md
|
19620826 199103 2
001
|
IV.a
|
Pembina
Extra Kurikuler Tari
|
|
6
|
Zamzaimi,
S.Pd
|
19711011 199703 1
004
|
IV.a
|
Pembina
Extra Futsal
|
|
7
|
Zulkarnaini,
S.Pd
|
19690726 199411 1
001
|
IV.a
|
Pembina
Extra Kurikuler Basket
|
|
8
|
Dian
Adriyanto, S.Pd
|
19790428 200604 1
018
|
III.a
|
Pembina
UKS / PMR dan Tim Pendisplinan Siswa
|
|
9
|
Marda
Yuzal S.Pd.I
|
19810201 200801 1
018
|
III.b
|
Pembina
Remaja Islam Masjid
|
|
10
|
Nani
Yurian, S.Pd
|
19870404 201001 2
008
|
III.a
|
Petugas
Perpustakaan
|
|
11
|
Tuti
Yuliani, S.Pd
|
19640731 198411 2
001
|
IV.a
|
Tim
Penilai Kinerja Guru
|
|
12
|
Rini
Wiryani, S.Pd
|
19630522 198403 2
004
|
IV.a
|
Tim
Penilai Kinerja Guru
|
|
13
|
Kartini,
S.Pd
|
19611004 198403 2
005
|
IV.a
|
Tim
Penilai Kebersihan Kelas
|
|
14
|
Yuniarti,
S.Pd
|
19630716 198603 2
006
|
IV.a
|
Tim
Penilai Kebersihan Kelas
|
|
Bengkulu, 16 Juli
2013
Kepala Sekolah,
Salmi, M.Pd
NIP: 196106171987032007
III.
Kelengkapan data keterlibatan
guru dalam kegiatan ilmiah
Tidak ada guru yang
terlibat
C.
Mengamati pemerkuat pemahaman
peserta didik
·
Mengamati karakteristik peserta didik yang berkaitan
dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar
belakang sosial-budaya.
·
Dalam aspek fisik siswa dalam suatu kelas bervariasi
ada yang gemuk, ada yang kurus, ada yang tinggi, ada yang pendek.
·
Dalam aspek intelektual juga berbeda-beda ada yang
daya serapnya cepat, ada yang sedang dan ada juga yang daya serapnya lambat.
·
Sosial-emosional, dalam hubungan dengan teman-teman
yang lain ada siswa yang cepat marah, egonya masih ada yang sabar, rasa ingin
tahunya tinggi.
·
Moral, tingkah laku peserta didik ada yang disiplin
tepat waktu, disiplin dalam berpakaian, disiplin dalam kebersihan lingkungan
dan ada juga yang tidak. Sikap saling menghargai dan saling tolong-menolong
antar sesama.
·
Spritual, dalam keagamaa siswa sering melakukan doa
bersama sebelum dan sesudah perjalanan. Untuk lebih mengembangkan rasa
spiritual siswa.
·
Latar belakang sosial-budaya, latar belakang sosial
siswa berbeda-beda ada yang orangtuanya Nelayan, PNS, POLRI, Buruh, dan ada
juga pedagang. Tetapi hubungan pergaulan mereka tidak ada rasa perbedaan dengan
latar belakang sosial-budaya.
I.
Kelengkapan data jumlah
siswa dalam satu rombongan belajar
No
|
Nama Rombel
|
Tingkat Kelas
|
Jumlah Siswa
|
Wali Kelas
|
Kurikulum
|
Ruangan
|
||
L
|
P
|
Total
|
||||||
1
|
8,1
|
8
|
19
|
11
|
30
|
Julita
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
Kelas7.10
|
2
|
81
|
8
|
15
|
14
|
29
|
Hahnani
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
kelas
71
|
3
|
82
|
8
|
12
|
18
|
30
|
Laila
Fajmiati
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
kelas
72
|
4
|
83
|
8
|
13
|
18
|
31
|
Marda
Yuzal
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
kelas
73
|
5
|
84
|
8
|
15
|
13
|
28
|
Hartati
Istiwa
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
kelas
74
|
6
|
85
|
8
|
13
|
16
|
29
|
Beta
Ariyati
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
kelas
75
|
7
|
86
|
8
|
12
|
18
|
30
|
Emalany
Fadlilah
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
kelas
76
|
8
|
87
|
8
|
11
|
19
|
30
|
Sustiana
Rachmawati
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
kelas
77
|
9
|
88
|
8
|
15
|
11
|
26
|
Ismawati
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
kelas
78
|
10
|
89
|
8
|
11
|
14
|
25
|
Endang
Widianti
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
Kelas
79
|
11
|
9,1
|
9
|
10
|
15
|
25
|
Eka
Susanah
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
Kelas
8.10
|
12
|
91
|
9
|
10
|
16
|
26
|
Sri
Daryanti
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
kelas
81
|
13
|
92
|
9
|
13
|
15
|
28
|
Ifirani
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
kelas
82
|
14
|
93
|
9
|
12
|
16
|
28
|
Novita
Herni
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
kelas
83
|
15
|
94
|
9
|
11
|
15
|
26
|
Rosita
Asnah
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
kelas
84
|
16
|
95
|
9
|
10
|
14
|
24
|
Dessy
Evaliani
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
kelas
85
|
17
|
96
|
9
|
15
|
12
|
27
|
Eka
Hasnaini
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
kelas
86
|
18
|
97
|
9
|
13
|
15
|
28
|
Tuti
Yuliani
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
kelas
87
|
19
|
98
|
9
|
17
|
9
|
26
|
Dian
Aprinita
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
kelas
88
|
20
|
99
|
9
|
14
|
15
|
29
|
Jamhurizal
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
Kelas
89
|
21
|
Kelas 72
|
7
|
16
|
15
|
31
|
Sumiarti
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
kelas
72
|
22
|
Kelas
7.10
|
7
|
16
|
16
|
32
|
Suherni
Eka Putri
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
Kelas7.10
|
23
|
Kelas
71
|
7
|
14
|
14
|
28
|
Amti
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
kelas
71
|
24
|
Kelas
73
|
7
|
18
|
14
|
32
|
Sri
Wulan Siti Fatimah
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
kelas
73
|
25
|
Kelas
74
|
7
|
15
|
18
|
33
|
Rita
Umaria
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
kelas
74
|
26
|
Kelas
75
|
7
|
14
|
16
|
30
|
Herwan
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
kelas
75
|
27
|
Kelas
76
|
7
|
17
|
15
|
32
|
Lenny
Evalina
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
kelas
76
|
28
|
Kelas
77
|
7
|
16
|
15
|
31
|
Dismi
Susita
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
kelas
77
|
29
|
Kelas
78
|
7
|
18
|
16
|
34
|
Yustini
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
kelas
78
|
30
|
Kelas
79
|
7
|
16
|
15
|
31
|
Yunidar
|
Kurikulum
SMP KTSP
|
Kelas
79
|
II.
Kelengkapan data karakteristik siswa (umur,jenis kelamin, asal sekolah,
alamat siswa)
Jumlah
Peserta Didik Berdasarkan Jenis Kelamin
Laki-laki
|
Perempuan
|
Total
|
422
|
451
|
873
|
Jumlah
peserta Didik Berdasarkan Usia
Usia
|
L
|
P
|
Total
|
< 6 tahun
|
0
|
0
|
0
|
6 - 12 tahun
|
130
|
140
|
270
|
13 - 15 tahun
|
285
|
300
|
585
|
16 - 20 tahun
|
7
|
11
|
18
|
> 20 tahun
|
0
|
0
|
0
|
Total
|
422
|
451
|
873
|
Jumlah
Siswa Berdasarkan Agama
Agama
|
L
|
P
|
Total
|
Islam
|
413
|
438
|
851
|
Kristen
|
8
|
12
|
20
|
Katholik
|
1
|
1
|
2
|
Hindu
|
0
|
0
|
0
|
Budha
|
0
|
0
|
0
|
Konghucu
|
0
|
0
|
0
|
Lainnya
|
0
|
0
|
0
|
Total
|
422
|
451
|
873
|
Jumlah
Siswa Berdasarkan Penghasilan Orang Tua/Wali
Penghasilan
|
L
|
P
|
Total
|
Tidak di isi
|
327
|
338
|
665
|
Kurang dari Rp. 500,000
|
2
|
1
|
3
|
Rp. 500,000 - Rp. 999,999
|
19
|
29
|
48
|
Rp. 1,000,000 - Rp. 1,999,999
|
39
|
46
|
85
|
Rp. 2,000,000 - Rp. 4,999,999
|
31
|
37
|
68
|
Rp. 5,000,000 - Rp. 20,000,000
|
4
|
0
|
4
|
Lebih dari Rp. 20,000,000
|
0
|
0
|
0
|
Total
|
422
|
451
|
873
|
III.
Kelengkapan Data
Aspek Penilaian Proses dan Hasil Belajar Siswa dalam Rapor.
IV.
Kelengkapan Data
Proses Belajar Siswa
Setelah
kami melakukan pengamatan dalam kelas VIII.10 SMP Negeri 8 Kota
Bengkulu.Siswa mempunyai kemampuan dan potensi yang berbeda-beda ada siswa yang
pandai dalam pelajaran Bahasa Inggris, ada juga dalam
pelajaran matematika, Bahasa Inggris, IPA dan IPS. Tetapi itu tidak untuk semua
siswa ada juga beberapa siswa mengalami kesulitan dalam lima mata pelajaran
tersebut. Dalam lima pelajaran ada siswa yang mengetahui lebih dulu materi yang
diberikan ada juga belum mengetahui.
Kesulitan
yang terjadi pada siswa dalam lima mata pelajaran adalah dimana saat mata pelajaran
Matematika diajarkan, kesulitan siswa terlihat disaat perhitungan dan
pembagian. Dan ada juga siswa mengalami kesulitan tapi tidak ingin bertanya
hanya diam saja dengan cara melihat atau
mengecek secara individu akhirnya siswa baru mengatakan bahwa dia belum
mengerti dengan materi yang telah dijelaskan. Guru memberikan tugas atau
ulungan, maka dari ulangan yang telah diberikan guru mengetahui siswa mana yang
memiliki kesulitan materi yang diberikan.
D.
Mengamati Langsung
Proses Pembelajaran Di kelas
I.Kelengkapan Data
Identitas Mata Pelajaran Yang Diamati
Mata pelajaran yang diamati adalah bahasa
inggris
II.Kelengkapan Data nama
guru Pengampu/Yang Mengajar
Adapun
nama guru
pengampu/yang mengajar adalah sebagai berikut:
Nama: Dian Apriyanto S.pd
Alamat:
Tempat Tanggal Lahir:
Nip: 1760757658200002
Pendidikan Terakhir:
S1 Bahasa Inggris
Jabatan: Guru Bahasa
Inggris
Prestasi:
III.Kelengkapan Data Pokok Bahasan/Sub-pokok Bahasan
Bahasan yang di bahas adalah tentang perkenalan
(introduction)
IV.Kelengkapan Data
Metode Pembelajaran Yang Digunakan
Sistem pembelajaran
di SMP Negeri 8 Kota Bengkulu ini
masih menggunakan kurikulum KTSP.
Meskipun begitu Pengembangan KTSP dengan system PAKEM (Pembelajaran
Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) masih diterapkan dengan sangat baik
di sekolah ini.
V.Kelengkapan Data
Pelaksanaan Pembelajaran Dikelas, Data Pelaksanaan Kegiatan Belajar Siswa, Data dan
Permasalahan Yang dijumpai dalam pembelajaran
Pengelolaan siswa
dalam kelas bervariasi (seperti klasikal, kelompok, berpasangan, individu, dsb)
sesuai dengan materi pelajaran. Pertanyaan yang diajukan guru (selalu)
memancing siswa untuk mengeluarkan ide mereka sendiri. Hal ini mengabitkan
adanya intraksi guru-siswa dan siswa-siswa (multiarah). Guru sangat terampil
menggunakan sumber belajar termasuk lingkungan sekitar. Karena guru menggunakan
media untuk memberikan contoh yang konkrit sehingga dapat merangsang siswa
untuk menghubungkan teori dan praktek. Guru juga senantiasa mengamati respon
siswa dan menunjuk siswa yang harus menjawab. Menurut pengamatan kami, siswa
dalam proses belajar hanya ada sebagian besar siswa yang aktif. Ini
disebabkan siswa mempunyai kemampuan dan potensi yang berbeda-beda Ada
siswa yang pandai dalam pelajaran Bahasa Indonesia, ada juga dalam pelajaran
Matematika, Bahasa Inggris, IPA dan IPS.
E. Merefleksi hasil Pengamatan Proses Pembelajaran
Menganalisis,
memaknai, menjelaskan, dan menyimpulkan data yang diperoleh dari pengamatan (bukti empiris)
A. Hasil
Pengamatan Langsung Proses Pembelajaran di Kelas
Pengelolaan siswa
dalam kelas bervariasi (seperti klasikal, kelompok, berpasangan, individu, dan sebagainya)
sesuai dengan materi pelajaran. Pertanyaan yang diajukan guru (selalu)
memancing siswa untuk mengeluarkan ide mereka sendiri. Hal ini mengabitkan
adanya intraksi guru-siswa dan siswa-siswa (multiarah). Guru sangat terampil
menggunakan sumber belajar termasuk lingkungan sekitar. Karena guru menggunakan
media untuk memberikan contoh yang konkrit sehingga dapat merangsang siswa
untuk menghubungkan teori dan praktek. Guru juga senantiasa mengamati respon
siswa dan menunjuk siswa yang harus menjawab. Menurut pengamatan kami, siswa
dalam proses belajar hanya ada sebagian besar siswa yang aktif. Ini
disebabkan siswa mempunyai kemampuan dan potensi yang berbeda-beda Ada
siswa yang pandai dalam pelajaran Bahasa Indonesia, ada juga dalam pelajaran
Matematika, Bahasa Inggris, IPA dan IPS.
B. Refleksi hasil
pengamatan Proses Pembelajaran
a.Refleksi terhadap pembelajaran melalui remedial
Untuk merefleksi
terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan, guru memberikan Remedial bagi
siswa yang memiliki nilai yang tidak tuntas dan latihan soal (LKS) . Hasil dari
kerja LKS tersebut digunakan oleh guru untuk proses tindak lanjut agar terlihat
mana siswa yang sudah mengerti dan siswa yang belum mengerti dari latihan soal
yang telah diberikan. Lalu guru menganalisis jawaban yang dibuat oleh siswa,
disini terlihat soal apa yang banyak salah. Berarti guru harus menjelaskan
kembali materi yang belum dipahami oleh siswa. Maka dari itu hasil belajar
siswa dijadikan referensi evaluasi mengajar guru.
b.Pengalaman khusus yg diperoleh
·
Kami dapat mengetahui betapa beratnya menjadi seorang
guru, bagaimana mengatasi peserta didik yang mengalami masalah dengan penuh
kesabaran.
·
Kami dapat belajar dari guru-guru, bagaimana
seharusnya menjadi guru yang professional
·
Dapat mengetahui karakteristik anak SMP yang beragam.
· Dapat mengenal
kondisi fisik, proses belajar mengajar, dan keadaan peserta didik yang ada di
SMP Negeri 8Kota Bengkulu.
c. Observasi Kondisi Lingkungan Fisik SMP Negeri 8
Kota Bengkulu.
·
Bangunan Sekolah/SMP
Lingkungan sekolah
sangat bersih dan terjaga.Ini terlihat pada lingkungan dalam dan di luar
sekolah.Semua warga sekolah ikut serta membersihkan lingkungan sekolah.Siswa-siswi diajarkan untuk menjaga
lingkungan sekolah yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya.Tempat sampah
organik dan Non-organik sudah ada pada
setiap ruangan yang ada di sekolah. Dan juga ada fasilitas pendukung seperti Perpustakaan, Networking, Mushola.
Bangunan SMP Negeri 8 Kota Bengkulu letaknya agak jauh
dari Jalan Raya.Kami mengamati letak bangunan sekolah ini tentunya memiliki
dampak negatif dan positif. Dampak negatifnya sekolah ini agak sulit untuk
ditemukan dan agak susah mencari alat transportasi. Dampak positifnya yaitu
letak bangunan yang agak jauh dari bibir jalan yang membuat suasana lingkungan
nyaman untuk belajar dan memperkecil terjadinya kecelakaan.
· Lapangan Sekolah
Lapangan sekolahnya cukup besar.Lapangan ini biasanya warga sekolah SMP
Negeri 8 Kota Bengkulu melakukan kegiatan Upacara Bendera, senam, dan kegiatan
Olahraga.Sekolah ini juga memiliki tempat parkir yang cukup bagus yang tidak
mengganggu aktivitas pembelajaran.
· Perpustakaan
Kondisi perpustakaan yang sangat nyaman, bersih dan rapi membuat siswa
nyaman untuk belajar.Penjaga perpustakaan hanya ada Satu Orang.Buku-buku dan
fasilitas pembelajaran juga sangat lengkap yang membuat siswa-siswi mempermudah
mencari bahan belajar.
· Kantin Sekolah
Kantin tidak jauh dari sekolah sehingga siswa mudah untuk berbelanja
makanan.Kebersihan cukup bagus dan kantin berbentuk bangunan kecil.
· WC Sekolah
WCnya cukup bersih dan terjaga sehingga cukup nyaman.
· Tempat Pembuangan Sampah
Letak tempat pembuangan sampah yang cukup bagus.Tetapi warga tetap menjaga
dan memperhatikan tempat pembuangan sampah agar tidak menimbulkan polusi udara
di sekitar lingkungan sekolah.
· Ruang Kelas
Ruang kelas yang cukup bersih dan rapi membuat siswa nyaman untuk belajar.Di
SMP Negeri 8 Kota Bengkulu ini terdapat 30 ruang kelas.
· Ruang Kantor
Ruang kantor sangat rapid an bersih, meja guru ditata
secara teratur. Dan semua barang-barang ditata dengan rapi.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari kegiatan Magang
1 yang di laksanakan di SMP Negeri 8 Bengkulu selama durasi
waktu kurang lebih tujuh hari
lamanya, dapat saya simpulkan bahwa proses belajar mengajar cukup baik. Kepala
sekolah dan guru berantusias dalam menjalankan tugas masing-masing. Kelengkapan
administrasi sekolah yang di atur dengan baik, lingkungan sekolah yang indah
dan tertata dengan rapi membuat nyaman kegiatan belajar mengajar.
Setelah melaksanakan kegiatan
magang ini, saya mendapatkan pengetahuan yang lebih mengenai situasi dan
kondisi lingkungan Sekolah Menengah Pertama. Maka dari itu saya berharap semoga
hasil dari kegiatan Magang 1 ini dapat berguna bagi saya dan teman-teman ketika
berada di lingkunngan masyarakat nantinya
B. Saran
Deberapa saran yang
kami berikan antara lain:
1.
Sebagai calon guru
yang profesional mahasiswa magang harus melakukan observasi dengan serius dan
bertanggungjawab agar memperoleh data atau informasi sesuai dengan kenyataan di
Sekolah yang dituju.
2.
Sebaiknya siswa dituntut untuk lebih disiplin
sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan lebih baik lagi.
3.
Tingkatkan dan pelihara taman sekolah
agar dapat meraih juara dalam kebersihan sekolah se-provinsi bengkulu.
No comments:
Post a Comment