Saturday, October 1, 2016

Laporan Magang 1 Fkip LENGKAP (Internship)

BAB I
PENDAHULUAN

 1.1 Latar belakang
Pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia indonesia seutuhnya yaitu manusia beriman dan bertaqwa terhadap tuhan yang maha esa dan berbudi luhur,memiliki pengetahuan dan keterampilan,kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, salah satu perbaikan proses pembelajaran di sekolah yang dapat dilakukan dengan memahami perilaku siswa dalam belajar.
Usaha untuk meningkatkan kualitas penyelenggaran proses belajar mengajar dan pembelajaran di sekolah terus menerus dilaksanakan,salah satu nya dengan adanya mata kuliah intership 1 ini.
Mata kuliah intership 1 pada dasarnya memberikan “life skill” bagi mahasiswa, yaitu pengalaman belajar mengajar yang kaya, dapat memperluasa wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan,kemandirian,tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah.
Program Magang 1 intership di sekolah merupakan suatu program dalam pendidikan prajabatan guru yang dirancang untuk melatih  para calon guru agar menguasai kemampuan keguruan yang utuh dan terpadu sehingga setelah pendidikan mereka siap mandiri mengemban tugas sebagai guru/pendidik. Program ini merupakan salah satu program akademis yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu.



1.2  Tujuan           
Adapun tujuan program magang 1 dapat dikategorikan sebagai berikut :
1.   Mengimplementasikan kompetensi dasar pedagogik, kepribadian dan sosial
2.   Memperkuat pemahaman peserta didik melalui observasi proses belajar mengajar dan aktivitas siswa di sekolah.
3.   Membangun landasan jati diri pendidik dengan langsung merasakan kultur pendidikan di lapangan dengan mengamati interaksi guru murid.
4.   Memantapkan kompetensi pedagogik melalui observasi dan refleksi langsung di lapangan.
5.   Implementasi kompetensi akademik kependidikan seperti pemahaman peserta didik, pengelolaan kelas, kemampuan komunikasi pembelajaran yang mendidik.

1.3  Manfaat
           
a.      Bagi Mahasiswa
1.   Mendapatkan pemahaman, penghayatan dan pengalaman dibidang manajemen dan kultur sekolah.
2.   Mendapatkan pengalaman melalui pengamatan terhadap proses membangun kompetensi pedagogik, kepribadian dan sosial di sekolah.
3.   Mendapatkan pengalaman dan penghayatan melalui pengamatan terhadap proses pembelajaran di kelas.
4.   Memperoleh pengalaman tentang cara berpikir dan bekerja secara interdisipliner , sehingga dapat memahami adanya keterkaitan ilmu dalam mengatasi permasalahan  pendidikan yang ada disekolah.
5.    Memperoleh daya penalaran dalam melakukan penelaahan, perumusan dan pemecahan masalah pendidikan yang ada disekolah.
6.   Memperoleh pengalaman dan keterampilan untuk melaksanakan pembelajaran dan kegiatan manajerial di sekolah.
7.   Memberikan kesempatan untuk dapat berperan sebagai motivator, fasilitator, dinamisator, dan membantu pemikiran sebagai problem solver.

b. Bagi Sekolah
1.   Memperoleh kesempatan untuk ikut dalam menyiapkan calon guru yang berdedikasi dan profesional.
2.   Mendapatkan bantuan pemikiran, tenaga, ilmu dan teknologi dalam merencanakan serta melaksanankan pengembangan sekolah.

c.        Bagi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
1.   Memperoleh umpan balik dari pelaksanaan Program Magang di sekolah, guna mengembangkan kurikulum perguruan tinggi yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.
2.   Memperoleh berbagai sumber belajar dan menemukan berbagai permasalahan untuk mengembangkan penelitian dan pendidikan.
3.   Terjalin kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah, intansi daerah , intansi terkait dan sekolah untuk pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.


BAB II
HASIL

A.    Hasil Pengamatan Langsung Kultur Sekolah
      I.          Visi Sekolah
Berkompetif dalam prestasi akademik dan non akademik berdasarkan Imtaq, Iptek, dan berakhlak mulia serta berkebudayaan lingkungan.
Misi Sekolah
·       Mewujudkan pendidikan yang berkarakter bangsa berbudaya, berbudi luhur, dan berakhlak mulia.
·       Mewujudkan pendidikan yang bermutu menghasilkan prestasi akademik dan non akademik
·       Mewujudkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan
·       Mewujudkan sistem manajemen partisipatif, transparan, dan akuntabel yang melibatkan seluruh warga sekolah dan masyarakat.
·       Mewujudkan sarana prasarana belajar yang memadai.
·       Mewujudkan lingkungan belajar yang kondisif.

    II.          Kelengkapan data tentang program/renstra sekolah
Program kerja sekolah
1.     Umum
Kegiatan umum adalah kegiatan yang bersifat umum meliputi penyusunan program Kepala Sekolah, Pembentukan Struktur Organisasi, Rehab Gedung dan Pagar Sekolah serta perbaikan taman, penambahan, penggunaan dan pemeliharaan dan pengamanan seluruh sarana dan prasarana sekolah, penyelesaian laporan-laporan, pelaksanaan Upacara Bendera dan Senam Pagi, Pertemuan Pembinaan Guru dan Pegawai setiap bulan, Pemantapan Wiyata Mandala dan 7 K.
1.1     Sasaram dan Pendanaan
·       Sasaran pada kegiatan umum adalah seluruh personil sekolah di bawah koordinasi Kepala Sekolah;
·       Pendanaan diperoleh dari dana rutin sekolah dan dana BOS.

1.2     Penyusunan Program Sekolah

·       Penerimaan Siswa baru tanggal 11 Juli s.d 11 Juli 2016.
·       Oritentasi siswa baru      tanggal 19 s.d 21 juli 2016.
·       Pelaksanaan KBM tanggal 18 Juli 2016.
·       Kegiatan Libur Puasa tanggal 13 s.d 16 Juli 2016.
·       Pemebentukan Struktur Organisasi sekolah dan pembagian tugas dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2016.
·       Pengaturan ruang kelas maupun ruang pendukung dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2016.
·       Rapat Dinas dilaksanakan setiap bulan.
·       Rapat Komite sekolah dilaksanakan pada bulan Juli 2016.
·       Program UKS dilaksanakan setiap hari
·       Program 7 K dilaksanakan setiap hari
·       Pemantapan wawasan Wiyata Mandala dilaksanakan setiap hari secara terus menerus;
·       SKJ dilaksanakan setiap hari Sabtu.
·       Upacara bendera dilaksanakan setiap hari Senin.
·       Upacara hari besar Nasional/Agama/Daerah dilaksanakan menurut ketentuan kalender Nasional atau ketentuan yang diatur oleh Dinas Diknas Kota Bengkulu.

1.3     Pelaksanaan Pelaporan

·       Laporan bulanan awal bulan berikutnya
·       Laporan semester tanggal 18 Juli s.d 31 Desember 2016.
·       Laporan awal tahun pelajaran bulan Juli 2016.
·       Laporan tengah tahun  bulan Desember 2016.
·       Laporan akhir Tahun bulan Maret 2016.
·       Laporan akhir Tahun Pelajaran Juni 2016.
·       Laporan semester ganjil bulan Desember 2016.
·       Laporan semester genap bulan Juli 2016.

2.     Kurikulum

·       Kegiatan kurikulum untuk kelas VII, VIII dan IX menggunakan kurikulum KTSP
·       Kegiatan kurikulum meliputi kurikuler dan ekstra kurikuler serta kemungkinan pengembangannya.
·       Kegiatan kurikuler adalah kegiatan yang dilakukan melalui tatap muka yang alokasi waktunya telah ditentukan dalam susunan program dan diperdalamkan melalui tugas-tugas.
·       Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan belajar yang dilakukan di luar jam pelajaran tatap muka, dilakukan di sekolah atau di luar sekolah untuk memperluas wawasan atau kemampuan yang telah dipelajari dari berbagai mata pelajaran, menyalurkan bakat dan kemampuan yang dimiliki siswa.

2.1     Sasaran Kegiatan
·       Sasaran kegiatan kurikuler adalah kegiatan belajar mengajar setiap mata pelajaran untuk mencapai kemampuan minimal setiap mata pelajaran dengan fokus peningkatan kemampuan siswa dan profesionalisme guru yang dikoordinir melalui urusan kurikulum/kepala sekolah.
·       Sasaran kegiatan ekstrakurikuler dan pengembangan diri adalah pengembangan pengetahuan, bakat, minat dan kemampuan dan keterampilan dalam upaya pembinaan pribadi siswa.
·       Sasaran kemungkinan pengembangan kurikulum adalah peningkatan kualitas professionalisme guru melalui workshop dan pelatihan.

2.2     Pendanaan
-        Dana kegiatan kurikulum ini diperoleh dari dana rutin dan dari dana BOS serta bantuan pemerintah DAK/DAU
2.3     Pelaksanaan Kegiatan Kurikulum

2.3.1 Untuk Intrakurikuler
a.      Penyusunan jadwal pelajaran semester ganjil dan semester genap 18 Juli 2015 dan 01 Januari 2016.
b.      Penyusunan perangkat mengajar seminggu sebelum tatap muka dan disahkan oleh kepala sekolah.
c.      Kegiatan belajar mengajar semester ganjil 18 Juli 2016 dan semester genap 12 Januari 2016.
d.      Evaluasi test formatif setiap akhir satuan pelajaran untuk masing-masing mata pelajaran.
e.      Portofolio.
f.       TSS dan ulangan harian minimal setiap bulan.
g.      Ulangan umum/tes sumatif, untuk :
·       Pembuatan kisi-kisi dan naskah soal semester ganji pada 7 s.d 8 Desember 2016.
·       Pengadaan atau penggandaan soal semester ganjil 10 s.d 15 Desember 2016.
·       Pelaksanaan test semester ganjil 10 s.d 15 Desember 2016.
·       Koreksi hasil test, pengolahan nilai, pembuatan kisi-kisi, pembuatan Naskah soal dan penggandaan 03 s.d 07 Desember 2013;
·       Perbaikan dan pengayaan dilaksanakan setiap selesai mengadakan evaluasi/test;
·       Pengumpulan nilai dilaksanakan setelah mengadakan TSS dan TS untuk nilai rapor 17 s/d 19 Desember 2016.
·       Pembagian rapor semester ganjil dan genap 22 Desember 2013 s.d 22 Juni 2016.
·       Laporan target pencapaian kurikulum dan daya serap 27 Desember 2016.

h.  UAN/UAN Sekolah

1.   Persiapan
·       Pengisian dan pengusulan calon peserta UN (8355) ke Subdin Dinas bulan Januari 2016.
·       Pendalaman materi calon peserta bulan September 2016.
·       Pembentukan panitia tahun 2016.
·       Persiapan naskah awal bulan Mei 2016.

2.   Pelaksanaan UAN tanggal 09 s.d 12Mei 2016

·       Koreksi hasil UAN 12Mei s.d 19 Mei 2016
·       Rapat penentuan kelulusan 11 Juni 2016
·       Pengumuman kelulusan 11 Juni 2016
·       Pengisian ijazah 28 s.d 31 Juni 2016
·       Pembagian ijazah 02 Juli 2016
·       Penyusunan/penyampaian laporan 07 Juli 2016

2.4 Kegiatan Ekstrakurikuler / pengembangan diri

·       Pembinaan olahraga prestasi diadakan semingu sekali setiap cabang secara kontinu pada sore hari.
·       Pembinaan kepramukaan diadakan semingu sekali kecuali ada perlombaan.
·       Pembinaan kesenian seminggu sekali kecuali sedang mengikuti perlombaan.
·       Pembinaan UKS/PMR latihan seminggu sekali.
·       Pembinaan PKS/Paskibra seminggu sekali.

3.     Kesiswaan

Kegiatan kesiswaan meliputi seluruh kegiatan yang berkaitan dengan siswa di luar kegiatan kurikuler atau ekstrakurikuler yang meliputi KBM, MOS, Pembagian kelompok kelas, pembentukan pengurus kelas, OSIS, koperasi, BK, Identifikasi kerawanan siswa, lomba-lomba antar kelas, pemilihan pelajar teladan, kegiatan pembinaan siswa melalui ekstra kurikuler dan kegiatan tutup tahun beserta pelaporannya.
3.1  Sasaran
Seluruh siswa di bawah pembinaan guru atau pembinaan kesiswaan.
3.2  Pendanaan
Pendanaan diperoleh dari dana BOS dan bantuan orang tua murid (Komite sekolah) dan bantuan pemerintah DAK/DAU
3.3  Pelaksanaan
·       Pembagian distribusi kelas VII = 10 kelas
·       Pembagian distribusi kelas VIII = 10 kelas
·       Pembagian distribusi kelas IX = 10 kelas
·       Jumlah kelas (rombongan kelompok belajar) = 30 rombel
·       Pembentukan pengurus OSIS atau penyusunan program kerja Agustus 2016
·       Pengisian buku induk siswa tanggal 22 Juli s.d 31 September 2016
·       Mutasi siswa tergantung keperluan dan insidentil.
·       Kegiatan koperasi siswa setiap hari dibuka.
·       Kegiatan BK dilkasanakan sesuai dengan keperluan di bawah pembinaan Wali Kelas dan Koordinator BK.
·       Peta kerawanan siswa dimonitor setiap hari dan disusun pada awal tahun, tanggal 18 Juli 2016
·       Perlombaan kebersihan kelas yang terbersih dan terindah dilakukan setiap bulan dan diumumkan setiap 6 bulansekali .
·       Pemilihan pelajar terladan dan pengumuman siswa yang berprestasi di akhir semester.
·       Perpisahan dengan siswa kelas IX tanggal 24 Juni 2016



4.     Kepegawaian /ketenagaan

Kepegawaian meliputi kegiatan pengadaan Administrasi dan pembinaan seluruh personil, yakni penyiapan pengadaan personil, pembagian tugas, penyusunan DUK, supervise kelas, perhitungan angka kredit, penetapan komite sekolah, pelayanan gaji dan kesejahteraan, kenaikan pangkat, rapat pembinaan, mengikuti diklat bila memungkinkan.
4.1  Sasaran
Seluruh personil sekolah dalam menciptakan personil yang disiplin, dedikasi, efektivitas, dan efisiensi sehingga tercapai personil yang professional terhadap tugasnya masing-masing.
4.2  Pendanaan
Kegiatan personalia dari dana BOS dan DAU/DAK.
4.3  Pelaksanaan Kegiatan
·       Inventaris personil (Guru dan pegawai) berdasarkan latar belakang pendidikan, pengalaman dan kemampuan masing-masing tanggal Juni 2016.
·       Mengadakan penerimaan dan seleksi tenaga honorer dalam rangka memenuhi kekurangan tenaga pengajar sekaligus penyusunan SK GTT dan PTT akhir Juli 2016.
·       Pembagian tugas guru dan TU tanggal 18 mei 2016.
·       Penyusunan daftar urut kepangkatan bulan Desember 2016.
·       Supervise kunjungan kelas dilaksanakan setiap bulan.
·       Peritungan angka kredit bagi guru bulan Nopember, Februari atau bulan Juni.
·       Penilaian DP3 setiap hari dilakukan dan pengisiannya pada akhir Desember 2016.
·       Pengusulan gaji berkala sesuai dengan waktu yang ditentukan.
·       Pengusulan kenaikan pangkat bulan Agustus dan Februari.
·       Pengaturan cuti pegawai sesuai dengan keadaan.
·       Pembinaan pribadi masing-masing personil bila dipandang perlu.
·       MGMP sesuai dengan jadwal pertemuan.
·       Mengikuti penataran/pelatihan bila diperlukan.

5.     Perlengkapan

Kegiatan perlengkapan meliputi kegiatan inventaris, pengusulan penambahan pengadaan, pengelolaan, pemanfaatan, pengamanan, pemeliharaan dan penghapusan sarana dan prasarana dan administrasinya.
5.1  Sasaran
Sasaran kegiatan perlengkapan adalah pengelolaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana secara efektif dan efisien menuju terwujudnya efektivitas dan efisiensi oleh urusan sarana dan prasarana Tata Usaha.
5.2  Pendanaan
Pendanaan kegiatan perlengkapan diperoleh dari dana BOS,  dan bantuan dari orang tua murid.
5.3  Pelaksanaan Kegiatan
Pengurusan penambahan/pengadaan sarana dan prasarana pada awal tahun Anggaran 2015-1016 melalui Rakerda Kota Bengkulu.
A.    Bangunan
-        Ruang laboratorium 1 buah
-        Ruang BK 1 buah
-        Ruang UKS 1 buah
-        Ruang Koperasi 1 buah
-        Ruang belajar/ruang perpustakaan 1 buah
-        Ruang kepala sekolah dan TU 1 Buah
B.    Sarana
-        Alat tulis kantor, mesin tik stensil, peralatan UKS, kursi tamu, buku-buku perpustakaan, alat-alat peraga bidang studi, TV, computer dan Jetpam.
-        Inventarisasi sarana prasarana dilaksanakan secara continue dan pada akhir bulan Maret 2016.
-        Pengusulan penambahan/pengadaan sarana prasarana.
-        Mutasi sarana prasarana dan pelaporannya 5 Juli dan 5 Oktober 2016, Januari dan 5 April 2016.
-        Penyediaan perlengkapan sarana perkantoran setiap tri wulan.
-        Penyediaan perlengkapan sarana kegiatan belajar mengajar setiap triwulan dan insidentil.
-        Penyediaan sarana olahraga/prasarana setiap triwulan dan insidentil.
-        Penyediaan sarana keterampilan setiap triwulan.
-        Penyediaan sarana UKS dan 7K, setiap bulan dan setiap saat bila diperlukan.
-        Penyediaan buku pegangan guru dan siswa setiap triwulan dan akhir tahun.
-        Pemeliharaan sarana prasarana secara terus menerus.
-        Program pembangunan sekolah diharapkan pada penambahan WC kantin sekolah.

6.     Keuangan

Pengertian keuangan meliputi pengelolaan pendayagunaan dana rutin sekolah dana penunjang pendidikan, dana proyek dan perawatan fasilitas bagian perencanaan, untuk kepentingan sekolah berikut administrasi pembukuan dan pelaporan;
6.1  Sasaran
Sasaran kegiatan keuangan adalah terwujudnya pengelolaan pendayagunaan berikut administrasi pembukuan dan pelaporannya dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku oleh bendahara yang ditunjuk;
6.2  Pendanaan
Pendanaan keuangan ini diperoleh dari dana rutin, dana penunjang pendidikan, dana proyek, dana bantuan dari orang tua murid/wali murid.
6.3  Pelaksanaan
-        penyusunan RAPBS Rutin tiap bulan Juli 2015 dan Januari 2016.
-        pengusulan honorarium GTT dan PTT setiap dua bulan.

-        Pertanggung jawaban Rutin.
1.     Pengisian SPMU rutin setiap triwulan ;
2.     LPJ rutin setiap triwulan;
3.     Laporan keadaan Kas Rutin setiap bulan;
4.     Penerimaan SPAW gaji setiap bulan;
5.     Pengurusan dan LPJ gaji setiap bulan;
-        Pemeriksaan kas rutin dan gaji serta kumpulan SPMU setiap akhir bulan minimal 3 bulan sekali;
-        Pembinaan bendaharawan setiap saat dan insidentil.

7.     Humas

Kegiatan Humas meliputi kegiatan hubungan sekolah dengan orang tua murid/wali murid, komite sekolah, dunia usaha, lembaga pemerintahan dan dengan lembaga-lembaga social lainnya.
7.1  Sasaran
Sasaran kegiatan humas terciptanya keterkaitan dan keterpaduan serta suasana yang harmonis antara sekolah dengan masyarakat di lingkungan sekolah.
7.2  Pendanaan
Pendanaan kegiatan Humas diperoleh dari dana BOS, dana bantuan orang tua murid/wali murid dan dana sosial insidental sukarela warga sekolah.
7.3  Pelaksanaan
-        Bakti social dlaksanakan 2 kali setahun.
-        Partisipasi dalam kegiatan olahraga, kesenian dan lingkungan hidup setiap saat diperlukan diluar jam pelajaran.
-        Penyuluhan kesehatan dan penyuluhan bukum 2 kali setahun bekerjsama dengan Dinas Kesehatan dan Kejaksanaan Negeri.
-        Ceramah kenakalan remaja dua kali setahun bekerjsama dengan tokoh agama dan kepolisian.
-        Kunjungan rumah ke anggota komite/wali siswa setiap saat diperlukan.
-        Kunjungan ke industry/home industry terkait dua kali setahun.

8.     Lain-lain

Kegiatan lain-lain tidak termasuk pada kegiatan-kegiatan lainnya
8.1  Sasaran
Sasaran kegiatan lain-lain adalah kegiatan yang baik langsung mapun tidak langsung yang dapat menunjang kemajuan sekolah.
8.2  Pendanaan
-        Pendanaan kegiatan ini berasal dari iuran yang tidak mengikat.
-        Kegiatan koperasi guru/pegawai peningkatan tahun sebelumnya.
-        Arisan keluarga SMP Negeri 8 Kota Bengkulu.
-        Ikut serta dalam kegiatan PGRI.


  III.          Kelengkapan data tata tertib dan peraturan sekolah

1.   Tiba disekolah sekurang-kurangnya 15 menit sebelum masuk kelas
2.   Berada di ruangan saat belajar atau tugas belajar yang di tentukan saat ada pengarahan
3.   Menyelesaikan semua pekerjaan atau belajar yang diberikan sekolah tepat waktu
4.   Memelihara, merapikan, merawat milik sekolah dan membuang sampah pada tempatnya
5.   Menasehati atau melerai siswa yang berselisih paham dan melaporkan setiap pelanggaran kepada pihak sekolah
6.   Tidak menyinggung / mengganggu perasaan atau merugikan sesama teman sekelas
7.   Menyampaikan setiap undangan pihak sekolah kepada orang tua
8.   Boleh pulang sekolah bila sudah waktunya atau izin sekolah

Apabila melanggar aturan diatas maka pihak sekolah akan memberi sanksi sesuai dengan aturan SMP Negeri 8 Kota Bengkulu.
IV.   Kelengkapan data prestasi sekolah
Tidak di Dokumentasikan
V.  Kelengkapan data jam belajar sekolah
Adapun data jam belajar di SMP Negeri 8 Kota Bengkulu sebagai berikut:

No
Mata Pelajaran
Jumlah Jam Mengajar
1
Bahasa Inggris
132
2
Bahasa Indonesia
120
3
Mulok Pertanian
68
4
Teknologi Informasi
60
5
Matematika
124
6
Penjaskes
48
7
IPS
96
8
IPA
120
9
Pendidikan Kewarganegaraan
38
10
Pendidikan Agama Islam
60
11
Seni Budaya
48
Jumlah
922

VI. Kelengkapan data networking sekolah
Hubungan Kepala Sekolah dengan Guru-guru sangat baik, seperti yang kami amati ketika Guru-guru bertemu dengan Kepala Sekolah. Dan pulang juga Guru-guru ke Kantor berpamitan dengan Kepala Sekolah. Karyawan selalu membantu Kepala Sekolah ketika ada hal yang harus dikerjakan.

·       Guru dengan Karyawan dan Siswa
Karyawan selalu membantu Guru-guru, misalnya Tata Usaha, membantu mengetik soal-soal ujian. Ketika ada siswa yang bertengkar guru menasehati dan membimbing mereka serta memberikan pengarahan.
·       Guru dengan Guru
Hubungan Guru dengan guru sangat baik, tidak ada perselisihan, mereka saling memberikan masukan, saling mengisi kekurangan. pada pagi hari Guru-guru saling bersalaman. Jika istirahat Guru-guru berkumpul di Ruang Guru, mereka saling berinteraksi.
·       Siswa dengan Siswa
Hubungan Siswa dengan siswa sangat baik, meskipun mereka bertengkar tetapi setelah itu mereka bermain bersama lagi. Meskipun ada juga siswa yang suka mengganggu teman-temannya.
VII. Kelengkapan data Hubungan Antara Warga Sekolah Dengan Masyarakat Sekitar dan Orang tua Siswa
Ketika ada siswa yang mengikuti perlombaan orang tuanya mendukung serta bersedia mendampingi anaknya. Siswa yang tinggalnya jauh dari sekolah orang tuanya mengantar dan menjemput anaknya ke sekelah dan apabila ada siswa yang sakit orang tuanya langsung memberitahukan kepada guru wali kelasnya di sekolah.

B.    Mengamati Pembangun Kompetensi Dasar Profesional,  Pedagogik, Kepribadian dan sosial
Guru adalah salah satu unsur penting yang harus ada sesudah siswa. Apabila seorang guru tidak punya sikap profesional maka murid yang di didik akan sulit untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Hal ini karena guru adalah salah satu tumpuan bagi negara dalam hal pendidikan. Dengan adanya guru yang profesional dan berkualitas maka akan mampu mencetak anak bangsa yang berkualitas pula. Kunci yang harus dimiliki oleh setiap pengajar adalah kompetensi. Kompetensi adalah seperangkat ilmu serta ketrampilan mengajar guru di dalam menjalankan tugas profesionalnya sebagai seorang guru sehingga tujuan dari pendidikan bisa dicapai dengan baik.

a)     Kompetensi Pedagogik
Kompetensi ini menyangkut kemampuan seorang guru dalam memahami karakteristik atau kemampuan yang dimiliki oleh murid melalui berbagai cara. Cara yang utama yaitu dengan memahami murid melalui perkembangan kognitif murid, merancang pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi hasil belajar sekaligus pengembangan murid.
b)     Kompetensi Kepribadian
Kompetensi kepribadian ini adalah salah satu kemampuan personal yang harus dimiliki oleh guru profesional dengan cara mencerminkan kepribadian yang baik pada diri sendiri, bersikap bijaksana serta arif, bersikap dewasa dan berwibawa serta mempunyai akhlak mulia untuk menjadi sauri teladan yang baik.
c)     Kompetensi Profesional
Kompetensi profesional adalah salah satu unsur yang harus dimiliki oleh guru yaitu dengan cara menguasai materi pembelajaran secara luas dan mendalam.
d)     Kompetensi Sosial
Kompetensi sosial adalah salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik melalui cara yang baik dalam berkomunikasi dengan murid dan seluruh tenaga kependidikan atau juga dengan orang tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar.
      I.          Kelengkapan data jumlah guru sesuai bidang studi, jumlah jam mengajar guru, dan jumlah guru tersertifikasi
NO
NAMA






SERTIFIKASI

MENGAJAR
JAM

1
Amti
L
PNS
Guru Mapel
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
24 jam
2
Beta Ariyati
P
PNS
Guru Mapel
Teknologi Informasi dan Komunikasi, Matematika (Umum)
26 jam
3
Dedi Anugrah
L
Tenaga Honor Sekolah
Guru Mapel
Muatan Lokal
6 jam
4
Dessy Evaliani
P
PNS
Guru Mapel
Bahasa Inggris
Bahasa Inggris
24 jam
5
Dian Andriyanto
L
PNS
Guru Mapel
Bahasa Inggris
Bahasa Inggris
24 jam
6
Dian Aprinita
P
PNS
Guru Mapel
Bahasa Inggris
Bahasa Inggris
24 jam
7
Dismi Susita
P
PNS
Guru Mapel
Bahasa Indonesia
24 jam
8
Eka Hasnaini
P
PNS
Guru Mapel
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
24 jam
9
Eka Mayasari
P
Honor Daerah TK.II Kab/Kota
Tenaga Administrasi Sekolah
0 jam
10
Eka Susanah
P
PNS
Guru Mapel
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
26 jam
11
Emalany Fadlilah
P
PNS
Guru Mapel
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Teknologi Informasi dan Komunikasi
24 jam
12
Endang Supriani
P
PNS
Guru Mapel
0 jam
13
Endang Widianti
P
PNS
Guru Mapel
Teknologi Informasi dan Komunikasi, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
26 jam
14
Eti Isniarti
P
PNS
Guru Mapel
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
24 jam
15
Fitria Anggraini
P
Tenaga Honor Sekolah
Tenaga Administrasi Sekolah
0 jam
16
Hahnani
P
PNS
Guru Mapel
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
26 jam
17
Harmen Syuhri
L
PNS
Tenaga Administrasi Sekolah
0 jam
18
Hartati Istiwa
P
PNS
Guru Mapel
Bahasa Indonesia
24 jam
19
Heriyanto
L
PNS
Guru Mapel
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
24 jam
20
Herlin Kusrini
P
PNS
Guru Mapel
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
24 jam
21
Herwan
L
PNS
Guru Mapel
Muatan Lokal, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
24 jam
22
Ifirani
P
PNS
Guru Mapel
Pendidikan Agama Islam
24 jam
23
Imra Etty
P
PNS
Tenaga Administrasi Sekolah
0 jam
24
Ismawati
P
PNS
Guru Mapel
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
24 jam
25
Jamhurizal
L
PNS
Guru Mapel
Bahasa Indonesia
24 jam
26
Julita
P
PNS
Guru Mapel
Matematika (Umum), Bahasa Indonesia
24 jam
27
Kartini
P
PNS
Guru Mapel
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
24 jam
28
Laila Fajmiati
P
PNS
Guru Mapel
Matematika
Matematika, Matematika (Umum)
24 jam
29
Lenny Evalina
P
PNS
Guru Mapel
Matematika (Umum)
24 jam
30
Marda Yuzal
L
PNS
Guru Mapel
Pendidikan Agama Islam
24 jam
31
Mimi Suryetmi
P
PNS
Guru Mapel
Seni dan Budaya
24 jam
32
Muhammad Mudrik
L
Honor Daerah TK.II Kab/Kota
Tenaga Administrasi Sekolah
0 jam
33
Muhammad Prihadi
L
PNS
Guru Mapel
Muatan Lokal, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
36 jam
34
Musin
L
PNS
Tenaga Administrasi Sekolah
0 jam
35
Nani Yurian
P
PNS
Guru Mapel
Bahasa Indonesia, Teknologi Informasi dan Komunikasi
24 jam
36
Novita Herni
P
PNS
Guru Mapel
Bahasa Inggris
Bahasa Inggris
24 jam
37
Nurlimah
P
PNS
Guru Mapel
Sejarah
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
24 jam
38
Ridwan Parhusip
L
PNS
Guru Mapel
Matematika (Umum)
28 jam
39
Rini Wiryani
P
PNS
Guru Mapel
Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia
24 jam
40
Rita Umaria
P
PNS
Guru Mapel
Bahasa Indonesia
24 jam
41
Rosita Asnah
P
PNS
Guru Mapel
Matematika (Umum), Matematika
24 jam
42
Salmi
P
PNS
Guru Mapel
Bahasa Inggris
Bahasa Inggris
26 jam
43
Samudra
L
PNS
Guru Mapel
Muatan Lokal, Pendidikan Agama Islam
24 jam
44
Sri Daryanti
P
PNS
Guru Mapel
Bahasa Indonesia, Matematika
24 jam
45
Sri Wulan Siti Fatimah
P
PNS
Guru Mapel
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
24 jam
46
Suaina Hayati
P
PNS
Tenaga Administrasi Sekolah
0 jam
47
Suherman
L
PNS
Guru BK
Bimbingan dan Konseling/Konselor (BP/BK)
166 siswa
48
Suherni Eka Putri
P
PNS
Guru Mapel
Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
26 jam
49
Sumiarti
P
PNS
Guru Mapel
Seni dan Budaya
24 jam
50
Sustiana Rachmawati
P
PNS
Guru Mapel
Bahasa Indonesia
24 jam
51
Tuti Yuliani
P
PNS
Guru Mapel
Matematika (Umum)
24 jam
52
Wijorini
P
PNS
Guru Mapel
Bahasa Inggris
28 jam
53
Yuniarti
P
PNS
Guru Mapel
Seni Budaya
Seni dan Budaya
24 jam
54
Yunidar
P
PNS
Guru Mapel
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
18 jam
55
Yustini
P
PNS
Guru Kelas
Muatan Lokal
10 jam
56
Zamzaimi
L
PNS
Guru Mapel
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
30 jam
57
Zulkarnain
L
PNS
Guru Mapel
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
30 jam



    II.          Kelengkapan data keterlibatan guru dalam organisasi profesi
Adapun tabel kelengkapan data keterlibatan guru dalam organisasi profesi sebagai berikut:
Description: Description: kota
 

PEMERINTAH KOTA BENGKULU
DINAS PENDIDIKAN NASIONAL

SMP NEGERI 8

Jalan Lingkar Barat Kota Bengkulu ((0736) 21041

Lampiran-3     : SK Kep.Sek SMP N 8 Bkl (Revisi-1)
No                   : 800/ 181 /Kep/SMP N 8 / 2013
Tanggal           : 16 Juli  2013    

PEMBAGIAN TUGAS GURU YANG MENDAPAT TUGAS TAMBAHAN / EXTRAKURIKULER
 DI  SMP N 8 KOTA BENGKULU
SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2015/2016

NO
NAMA
NIP
GOL
TUGAS
KET
1
Dra. Kepti Hariani, M.Pd
19620202 198403 2 008
IV.a
Kepala Sekolah

2
Drs. Suherman
19590517 198111 1 002
IV.a
Koordinator BP &
Tim Pendisplinan Siswa

3
Sumiarti, S.Pd
19670808 199303 2 004
IV.a
Pembina Ektra Ensanbel Musik

4
Mimi Suryetmi, S.Pd
19650113 198903 2 003
IV.a
Pembina Extra Kurikuler  Tari

5
Ernamawati,A.Md
19620826 199103 2 001
IV.a
Pembina Extra Kurikuler  Tari

6
Zamzaimi, S.Pd
19711011 199703 1 004
IV.a
Pembina Extra Futsal

7
Zulkarnaini, S.Pd
19690726 199411 1 001
IV.a
Pembina Extra Kurikuler Basket

8
Dian Adriyanto, S.Pd
19790428 200604 1 018
III.a
Pembina UKS / PMR dan Tim Pendisplinan Siswa

9
Marda Yuzal S.Pd.I
19810201 200801 1 018
III.b
Pembina Remaja Islam Masjid

10
Nani Yurian, S.Pd
19870404 201001 2 008
III.a
Petugas Perpustakaan

11
Tuti Yuliani, S.Pd
19640731 198411 2 001
IV.a
Tim Penilai Kinerja Guru

12
Rini Wiryani, S.Pd
19630522 198403 2 004
IV.a
Tim Penilai Kinerja Guru

13
Kartini, S.Pd
19611004 198403 2 005
IV.a
Tim Penilai Kebersihan Kelas

14
Yuniarti, S.Pd
19630716 198603 2 006
IV.a
Tim Penilai Kebersihan Kelas

                       




Bengkulu,  16 Juli  2013
Kepala Sekolah,


Salmi, M.Pd
NIP: 196106171987032007











  III.          Kelengkapan data keterlibatan guru dalam kegiatan ilmiah
Tidak ada guru yang terlibat

C.    Mengamati pemerkuat pemahaman peserta didik
·   Mengamati karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
·   Dalam aspek fisik siswa dalam suatu kelas bervariasi ada yang gemuk, ada yang kurus, ada yang tinggi, ada yang pendek.
·   Dalam aspek intelektual juga berbeda-beda ada yang daya serapnya cepat, ada yang sedang dan ada juga yang daya serapnya lambat.
·   Sosial-emosional, dalam hubungan dengan teman-teman yang lain ada siswa yang cepat marah, egonya masih ada yang sabar, rasa ingin tahunya tinggi.
·   Moral, tingkah laku peserta didik ada yang disiplin tepat waktu, disiplin dalam berpakaian, disiplin dalam kebersihan lingkungan dan ada juga yang tidak. Sikap saling menghargai dan saling tolong-menolong antar sesama.
·   Spritual, dalam keagamaa siswa sering melakukan doa bersama sebelum dan sesudah perjalanan. Untuk lebih mengembangkan rasa spiritual siswa.
·   Latar belakang sosial-budaya, latar belakang sosial siswa berbeda-beda ada yang orangtuanya Nelayan, PNS, POLRI, Buruh, dan ada juga pedagang. Tetapi hubungan pergaulan mereka tidak ada rasa perbedaan dengan latar belakang sosial-budaya.

                          I.          Kelengkapan data jumlah siswa dalam satu rombongan belajar
No
Nama Rombel
Tingkat Kelas
Jumlah Siswa
Wali Kelas
Kurikulum
Ruangan
L
P
Total
1
8,1
8
19
11
30
Julita
Kurikulum SMP KTSP
Kelas7.10
2
81
8
15
14
29
Hahnani
Kurikulum SMP KTSP
kelas 71
3
82
8
12
18
30
Laila Fajmiati
Kurikulum SMP KTSP
kelas 72
4
83
8
13
18
31
Marda Yuzal
Kurikulum SMP KTSP
kelas 73                     
5
84
8
15
13
28
Hartati Istiwa
Kurikulum SMP KTSP
kelas 74
6
85
8
13
16
29
Beta Ariyati
Kurikulum SMP KTSP
kelas 75
7
86
8
12
18
30
Emalany Fadlilah
Kurikulum SMP KTSP
kelas 76
8
87
8
11
19
30
Sustiana Rachmawati
Kurikulum SMP KTSP
kelas 77
9
88
8
15
11
26
Ismawati
Kurikulum SMP KTSP
kelas 78
10
89
8
11
14
25
Endang Widianti
Kurikulum SMP KTSP
Kelas 79
11
9,1
9
10
15
25
Eka Susanah
Kurikulum SMP KTSP
Kelas 8.10
12
91
9
10
16
26
Sri Daryanti
Kurikulum SMP KTSP
kelas 81
13
92
9
13
15
28
Ifirani
Kurikulum SMP KTSP
kelas 82
14
93
9
12
16
28
Novita Herni
Kurikulum SMP KTSP
kelas 83
15
94
9
11
15
26
Rosita Asnah
Kurikulum SMP KTSP
kelas 84
16
95
9
10
14
24
Dessy Evaliani
Kurikulum SMP KTSP
kelas 85
17
96
9
15
12
27
Eka Hasnaini
Kurikulum SMP KTSP
kelas 86
18
97
9
13
15
28
Tuti Yuliani
Kurikulum SMP KTSP
kelas 87
19
98
9
17
9
26
Dian Aprinita
Kurikulum SMP KTSP
kelas 88
20
99
9
14
15
29
Jamhurizal
Kurikulum SMP KTSP
Kelas 89
21
Kelas  72
7
16
15
31
Sumiarti
Kurikulum SMP KTSP
kelas 72
22
Kelas 7.10
7
16
16
32
Suherni Eka Putri
Kurikulum SMP KTSP
Kelas7.10
23
Kelas 71
7
14
14
28
Amti
Kurikulum SMP KTSP
kelas 71
24
Kelas 73
7
18
14
32
Sri Wulan Siti Fatimah
Kurikulum SMP KTSP
kelas 73                     
25
Kelas 74
7
15
18
33
Rita Umaria
Kurikulum SMP KTSP
kelas 74
26
Kelas 75
7
14
16
30
Herwan
Kurikulum SMP KTSP
kelas 75
27
Kelas 76
7
17
15
32
Lenny Evalina
Kurikulum SMP KTSP
kelas 76
28
Kelas 77
7
16
15
31
Dismi Susita
Kurikulum SMP KTSP
kelas 77
29
Kelas 78
7
18
16
34
Yustini
Kurikulum SMP KTSP
kelas 78
30
Kelas 79
7
16
15
31
Yunidar
Kurikulum SMP KTSP
Kelas 79

                        II.          Kelengkapan data karakteristik siswa (umur,jenis kelamin, asal sekolah, alamat siswa)
Jumlah Peserta Didik Berdasarkan Jenis Kelamin
Laki-laki
Perempuan
Total
422
451
873



Jumlah peserta Didik Berdasarkan Usia
Usia
L
P
Total
< 6 tahun
0
0
0
6 - 12 tahun
130
140
270
13 - 15 tahun
285
300
585
16 - 20 tahun
7
11
18
> 20 tahun
0
0
0
Total
422
451
873



Jumlah Siswa Berdasarkan Agama
Agama
L
P
Total
Islam
413
438
851
Kristen
8
12
20
Katholik
1
1
2
Hindu
0
0
0
Budha
0
0
0
Konghucu
0
0
0
Lainnya
0
0
0
Total
422
451
873

Jumlah Siswa Berdasarkan Penghasilan Orang Tua/Wali
Penghasilan
L
P
Total
Tidak di isi
327
338
665
Kurang dari Rp. 500,000
2
1
3
Rp. 500,000 - Rp. 999,999
19
29
48
Rp. 1,000,000 - Rp. 1,999,999
39
46
85
Rp. 2,000,000 - Rp. 4,999,999
31
37
68
Rp. 5,000,000 - Rp. 20,000,000
4
0
4
Lebih dari Rp. 20,000,000
0
0
0
Total
422
451
873



                      III.          Kelengkapan Data Aspek Penilaian Proses dan Hasil Belajar Siswa dalam Rapor.

                      IV.          Kelengkapan Data Proses Belajar Siswa
         Setelah kami melakukan pengamatan dalam kelas VIII.10 SMP Negeri 8 Kota Bengkulu.Siswa mempunyai kemampuan dan potensi yang berbeda-beda ada siswa yang pandai dalam pelajaran Bahasa Inggris, ada juga dalam pelajaran matematika, Bahasa Inggris, IPA dan IPS. Tetapi itu tidak untuk semua siswa ada juga beberapa siswa mengalami kesulitan dalam lima mata pelajaran tersebut. Dalam lima pelajaran ada siswa yang mengetahui lebih dulu materi yang diberikan ada juga belum mengetahui.
         Kesulitan yang terjadi pada siswa dalam lima mata pelajaran adalah dimana saat mata pelajaran Matematika diajarkan, kesulitan siswa terlihat disaat perhitungan dan pembagian. Dan ada juga siswa mengalami kesulitan tapi tidak ingin bertanya hanya diam saja dengan cara melihat  atau mengecek secara individu akhirnya siswa baru mengatakan bahwa dia belum mengerti dengan materi yang telah dijelaskan. Guru memberikan tugas atau ulungan, maka dari ulangan yang telah diberikan guru mengetahui siswa mana yang memiliki kesulitan materi yang diberikan.

D.    Mengamati Langsung Proses Pembelajaran Di kelas

                    I.Kelengkapan Data Identitas Mata Pelajaran Yang Diamati

Mata pelajaran yang diamati adalah bahasa inggris

                  II.Kelengkapan Data nama guru Pengampu/Yang Mengajar

       Adapun nama  guru pengampu/yang mengajar adalah sebagai berikut:
Nama: Dian Apriyanto S.pd
Alamat:
Tempat Tanggal Lahir:
Nip: 1760757658200002
Pendidikan Terakhir: S1 Bahasa Inggris
Jabatan: Guru Bahasa Inggris
Prestasi:

               III.Kelengkapan Data Pokok Bahasan/Sub-pokok Bahasan
Bahasan yang di bahas adalah tentang perkenalan (introduction)
               IV.Kelengkapan Data Metode Pembelajaran Yang Digunakan
     Sistem pembelajaran di SMP Negeri 8 Kota Bengkulu ini  masih menggunakan kurikulum KTSP. Meskipun begitu Pengembangan KTSP dengan system PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) masih diterapkan dengan sangat baik di sekolah ini.
                  V.Kelengkapan Data Pelaksanaan Pembelajaran Dikelas, Data Pelaksanaan Kegiatan Belajar Siswa, Data dan Permasalahan Yang dijumpai dalam pembelajaran
Pengelolaan siswa dalam kelas bervariasi (seperti klasikal, kelompok, berpasangan, individu, dsb) sesuai dengan materi pelajaran. Pertanyaan yang diajukan guru (selalu) memancing siswa untuk mengeluarkan ide mereka sendiri. Hal ini mengabitkan adanya intraksi guru-siswa dan siswa-siswa (multiarah). Guru sangat terampil menggunakan sumber belajar termasuk lingkungan sekitar. Karena guru menggunakan media untuk memberikan contoh yang konkrit sehingga dapat merangsang siswa untuk menghubungkan teori dan praktek. Guru juga senantiasa mengamati respon siswa dan menunjuk siswa yang harus menjawab. Menurut pengamatan kami, siswa dalam proses belajar hanya ada sebagian besar siswa yang aktif. Ini disebabkan siswa mempunyai kemampuan dan potensi yang berbeda-beda Ada siswa yang pandai dalam pelajaran Bahasa Indonesia, ada juga dalam pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, IPA dan IPS.

E.    Merefleksi hasil Pengamatan Proses Pembelajaran
   Menganalisis, memaknai, menjelaskan, dan menyimpulkan data yang diperoleh dari pengamatan (bukti empiris)
A.  Hasil Pengamatan Langsung Proses Pembelajaran di Kelas

Pengelolaan siswa dalam kelas bervariasi (seperti klasikal, kelompok, berpasangan, individu, dan sebagainya) sesuai dengan materi pelajaran. Pertanyaan yang diajukan guru (selalu) memancing siswa untuk mengeluarkan ide mereka sendiri. Hal ini mengabitkan adanya intraksi guru-siswa dan siswa-siswa (multiarah). Guru sangat terampil menggunakan sumber belajar termasuk lingkungan sekitar. Karena guru menggunakan media untuk memberikan contoh yang konkrit sehingga dapat merangsang siswa untuk menghubungkan teori dan praktek. Guru juga senantiasa mengamati respon siswa dan menunjuk siswa yang harus menjawab. Menurut pengamatan kami, siswa dalam proses belajar hanya ada sebagian besar siswa yang aktif. Ini disebabkan siswa mempunyai kemampuan dan potensi yang berbeda-beda Ada siswa yang pandai dalam pelajaran Bahasa Indonesia, ada juga dalam pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, IPA dan IPS.


B. Refleksi hasil pengamatan Proses Pembelajaran

a.Refleksi terhadap pembelajaran melalui remedial
Untuk merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan, guru memberikan Remedial bagi siswa yang memiliki nilai yang tidak tuntas dan latihan soal (LKS) . Hasil dari kerja LKS tersebut digunakan oleh guru untuk proses tindak lanjut agar terlihat mana siswa yang sudah mengerti dan siswa yang belum mengerti dari latihan soal yang telah diberikan. Lalu guru menganalisis jawaban yang dibuat oleh siswa, disini terlihat soal apa yang banyak salah. Berarti guru harus menjelaskan kembali materi yang belum dipahami oleh siswa. Maka dari itu hasil belajar siswa dijadikan referensi evaluasi mengajar guru.

b.Pengalaman khusus yg diperoleh
·       Kami dapat mengetahui betapa beratnya menjadi seorang guru, bagaimana mengatasi peserta didik yang mengalami masalah dengan penuh kesabaran.
·       Kami dapat belajar dari guru-guru, bagaimana seharusnya menjadi guru yang professional
·       Dapat mengetahui karakteristik anak SMP yang beragam.
·       Dapat mengenal kondisi fisik, proses belajar mengajar, dan keadaan peserta didik yang ada di SMP Negeri 8Kota Bengkulu.

c. Observasi Kondisi Lingkungan Fisik SMP Negeri 8 Kota Bengkulu.
·   Bangunan Sekolah/SMP
            Lingkungan sekolah sangat bersih dan terjaga.Ini terlihat pada lingkungan dalam dan di luar sekolah.Semua warga sekolah ikut serta membersihkan lingkungan sekolah.Siswa-siswi diajarkan untuk menjaga lingkungan sekolah yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya.Tempat sampah organik dan Non-organik sudah ada pada setiap ruangan yang ada di sekolah. Dan juga ada fasilitas pendukung seperti  Perpustakaan, Networking, Mushola.
            Bangunan SMP Negeri 8 Kota Bengkulu letaknya agak jauh dari Jalan Raya.Kami mengamati letak bangunan sekolah ini tentunya memiliki dampak negatif dan positif. Dampak negatifnya sekolah ini agak sulit untuk ditemukan dan agak susah mencari alat transportasi. Dampak positifnya yaitu letak bangunan yang agak jauh dari bibir jalan yang membuat suasana lingkungan nyaman untuk belajar dan memperkecil terjadinya kecelakaan.
·   Lapangan Sekolah
Lapangan sekolahnya cukup besar.Lapangan ini biasanya warga sekolah SMP Negeri 8 Kota Bengkulu melakukan kegiatan Upacara Bendera, senam, dan kegiatan Olahraga.Sekolah ini juga memiliki tempat parkir yang cukup bagus yang tidak mengganggu aktivitas pembelajaran.
·   Perpustakaan
Kondisi perpustakaan yang sangat nyaman, bersih dan rapi membuat siswa nyaman untuk belajar.Penjaga perpustakaan hanya ada Satu Orang.Buku-buku dan fasilitas pembelajaran juga sangat lengkap yang membuat siswa-siswi mempermudah mencari bahan belajar. 
·   Kantin Sekolah
Kantin tidak jauh dari sekolah sehingga siswa mudah untuk berbelanja makanan.Kebersihan cukup bagus dan kantin berbentuk bangunan kecil.
·   WC Sekolah
WCnya cukup bersih dan terjaga sehingga cukup nyaman.
·   Tempat Pembuangan Sampah
Letak tempat pembuangan sampah yang cukup bagus.Tetapi warga tetap menjaga dan memperhatikan tempat pembuangan sampah agar tidak menimbulkan polusi udara di sekitar lingkungan sekolah.
·   Ruang Kelas
Ruang kelas yang cukup bersih dan rapi membuat siswa nyaman untuk belajar.Di SMP Negeri 8 Kota Bengkulu ini terdapat 30 ruang kelas.
·   Ruang Kantor
Ruang kantor sangat rapid an bersih, meja guru ditata secara teratur. Dan semua barang-barang ditata dengan rapi.

   

BAB III
PENUTUP

A.       Kesimpulan
Dari kegiatan Magang 1 yang di laksanakan di SMP Negeri 8 Bengkulu selama durasi waktu  kurang lebih tujuh  hari lamanya, dapat saya simpulkan bahwa proses belajar mengajar cukup baik. Kepala sekolah dan guru berantusias dalam menjalankan tugas masing-masing. Kelengkapan administrasi sekolah yang di atur dengan baik, lingkungan sekolah yang indah dan tertata dengan rapi membuat nyaman kegiatan belajar mengajar.
Setelah melaksanakan kegiatan magang ini, saya mendapatkan pengetahuan yang lebih mengenai situasi dan kondisi lingkungan Sekolah Menengah Pertama. Maka dari itu saya berharap semoga hasil dari kegiatan Magang 1 ini dapat berguna bagi saya dan teman-teman ketika berada di lingkunngan masyarakat nantinya
B.       Saran
Deberapa saran yang kami berikan antara lain:
1.     Sebagai calon guru yang profesional mahasiswa magang harus melakukan observasi dengan serius dan bertanggungjawab agar memperoleh data atau informasi sesuai dengan kenyataan di Sekolah yang dituju.
2.     Sebaiknya siswa dituntut untuk lebih disiplin sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan lebih baik lagi.

3.     Tingkatkan dan pelihara taman sekolah agar dapat meraih juara dalam kebersihan sekolah se-provinsi bengkulu.

No comments:

Post a Comment